FAQ: Frequently Asked Questions/id

Revisi per 18 April 2015 04.06; Effa Respati (bicara | kontrib)

(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya→ (beda)
Bahasa lain:
English • ‎Bahasa Indonesia

Daftar isi

Pertanyaan Umum

Question-mark.png

Saya punya pertanyaan tentang ...

_________________________________________________________________

About iSIKHNAS

Siapa yang memiliki iSIKHNAS?

Indonesia map and flag.jpg

Sistem iSIKHNAS dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. iSIKHNAS dikembangkan dengan bantuan teknis dari Pemerintah Australia melalui Australia-Indonesia Partnership for Emerging Infectious Disease. Sistem iSIKHNAS dan semua datanya 100% adalah milik Indonesia.

Siapa pemilik datanya?

Indonesia map and flag.jpg

Data yang dikelola iSIKHNAS dimiliki oleh organisasi yang memberikan datanya, pada berbagai tingkatan organisasi Pemerintah Indonesia. Data dikelola dan dimiliki oleh Indonesia.


Bagaimana sistem dikelola?

Organigramme.svg

Lihat Bagaimana iSIKHNAS dikelola?



Apa kepanjangan iSIKHNAS?

SIKHNAS adalah singkatan dari Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional, yang adalah nama sistem sebelumnya. Sistem baru menambahkan huruf i untuk menunjukkan bahwa sistemnya sekarang ter-integrasi.

Siapa yang dapat mengakses datanya?

User types.svg

Menjaga keamanan sistem adalah hal penting. Hanya pengguna terdaftar yang dapat mengakses (melihat dan menggunakan) data. Kebanyakan pengguna dapat mengakses semua data meskipun apa yang terlihat bagi berbagai jenis pengguna akan disesuaikan untuk menyederhanakan cara situs web ditampilkan. Ada sejumlah kecil pengguna yang hanya memperoleh akses terbatas dan hanya dapat melihat bagian-bagian situs web tertentu.

Siapa yang dapat melaporkan data?

Yang dapat mengirimkan data hanya pengguna terdaftar yang memang memiliki izin untuk mengirimkan data. Izin ini diatur oleh para koordinator dan administrator sistem iSIKHNAS yang mendaftarkan pengguna baru, yang menentukan Jenis Pengguna dan Izin yang dimiliki si pengguna baru. Proses pendaftaran ini akan menandai apakah peran Anda adalah pelapor atau bukan. Data dari pengguna yang tidak berizin tidak akan diterima. Pengguna yang diperbolehkan untuk mengirimkan data meliputi staf lapangan Dinas (paravet dan dokter hewan), pelapor desa (pelsa), pencatat di RPH, dan inseminator. Semua pengguna terdaftar yang lain biasanya diberi Jenis Pengguna yang hanya mengizinkan mereka untuk melihat data.

Jenis ponsel apa yang saya perlukan?

Two phones.svg

Ponsel apa saja dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dari iSIKHNAS, termasuk ponsel lebih tua yang murah. Ponsel cerdas memiliki lebih banyak fitur yang mungkin dapat mempercepat dan mempermudah pengetikan pesan. Jenis ponsel terbaik adalah ponsel yang cocok bagi Anda dan ponsel yang Anda rasakan paling mudah digunakan, dibaca layarnya, dan enak saat mengetik.

Di mana datanya disimpan?

Database-upload256.png

Data disimpan di berbagai lokasi - di banyak komputer di seluruh Indonesia dalam berbagai bentuk, dan di awan secara keseluruhan pada beberapa lokasi aman.


Apakah yang dimaksud dengan "Komputasi awan" dan apa keunggulannya?

Cloud computing icon.png

iSIKHNAS adalah sistem yang besar dan rumit, sehingga memerlukan daya perhitungan yang canggih dan kapasitas penyimpanan tanpa batas. Infrastruktur awan menawarkan layanan yang berbiaya sangat rendah, luwes, efisien, dan canggih, yang responsif terhadap kebutuhan sistem yang berubah-ubah.

Mengirimkan data

Data in.svg

Pengiriman SMS

Apa nomor telepon iSIKHNAS untuk menerima SMS?

Nomor telepon iSIKHNAS adalah 0812 900 900 09. Semua pelapor data terdaftar (staf lapangan Dinas dan Pelsa) seharusnya memiliki nomor telepon ini tersimpan pada daftar kontak di ponsel mereka.


Pengiriman SMS

Apa nomor telepon iSIKHNAS untuk menerima SMS?

ISIKHNAS phone number.png

Nomor telepon iSIKHNAS adalah 0812 900 900 09. Semua pelapor data terdaftar (staf lapangan Dinas dan Pelsa) seharusnya memiliki nomor telepon ini tersimpan pada daftar kontak di ponsel mereka.


Apa jenis ponsel yang saya perlukan?

Two phones.svg

Ponsel apa saja dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dari iSIKHNAS, termasuk ponsel lebih tua yang murah. Ponsel cerdas memiliki lebih banyak fitur yang mungkin dapat mempercepat dan mempermudah pengetikan pesan. Jenis ponsel terbaik adalah ponsel yang cocok bagi Anda dan ponsel yang Anda rasakan paling mudah digunakan, dibaca layarnya, dan enak saat mengetik.

Mengapa saya tidak mendapatkan respons saat mengirimkan data melalui SMS?

Semua komunikasi dengan iSIKHNAS harus menerima balasan dengan segera. Jika Anda belum menerima respons atas SMS Anda, alasannya mungkin adalah:

  • Anda tidak terdaftar untuk menggunakan iSIKHNAS. Hanya pengguna terdaftar yang dapat mengirimkan data. Jika Anda ingin didaftarkan, hubungi koordinator iSIKHNAS setempat.
  • Anda mengubah nomor ponsel dan sistem tidak mengenal Anda lagi. Pengguna terdaftar diidentifikasi melalui nomor teleponnya. Jika Anda menggunakan nomor yang berbeda, sistem tidak dapat mengkonfirmasi siapa Anda.
  • jaringan sedang sibuk. Biasanya pesan SMS hanya memerlukan satu atau dua menit untuk dibalas. Namun, jika lalu lintas jaringan sedang padat, dapat dibutuhkan waktu hingga beberapa menit.
  • ada masalah dengan sistem. Hubungi koordinator iSIKHNAS Anda agar beliau dapat menanyakannya ke administrator sistem apakah sedang ada masalah.

Apa yang harus dilakukan jika saya lupa format sebuah pesan

Man with question mark.svg

Jangan panik! Format pesan dapat dicari tahu hanya dengan mengetik kode awal pesan, yaitu huruf-huruf yang selalu mengawali pesan dan memberi tahu sistem jenis data apa yang Anda kirimkan.

Contoh: Anda lupa data yang diperlukan untuk laporan lalu lintas. Anda tahu kodenya diawali dengan SK, jadi kirimkan saja

SK 

dan respons yang diterima akan memperlihatkan cara memasukkan data yang benar,

[isikhnas:] Format yang benar: SK [ID pemilik] [asal] [tujuan] ([spesies/bangsa] [jumlah hewan]...) {telepon pemilik}

Bagaimana jika saya bahkan tidak ingat kode awal yang benar untuk sebuah pesan?

Jika Anda lupa kode awal yang benar, kirimkan saja ?.

?  

Responsnya adalah sebagai berikut

isikhnas: Format salah: pesan harus dimulai dengan salah satu dari kode berikut: AH, BB, BH, BHK, CKI, CKJS, CKL, CKO, CKP, CKT, CUL, DH, DHP, 
DKB, DKL, DP, DX, GI, IB, IH, IMAGE, JH, KGG, KODE, KOM, LAB, LAPD, LAPK, LAPSK, LH, LINK, LTL, OB, P, PK, 
PKB, PNEG, POP, PRP, Q, R, RP, RVAK, SK, SLAB, SLAP, SP, TK, TL, U, UC, VAK, VSK, Z


Apakah yang dimaksud dengan Pesan Instan?

Instant Messaging.jpg

Pesan Instan (Instant messaging/IM) akan menjadi salah satu cara lagi untuk berkomunikasi dengan iSIKHNAS. Pesan Instan saat ini sedang diuji coba dan tak lama lagi akan dapat digunakan secara luas. Kode pesan yang digunakan persis sama dengan SMS, tetapi bukannya mengirim pesan melalui jaringan seluler, IM menggunakan sambungan internet. Hasilnya adalah komunikasi yang lebih cepat dan lebih murah, serta memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan yang berukuran lebih besar. Pesan Instan hanya berguna bagi mereka yang memiliki sambungan internet. Seiring meningkatnya jaringan, semakin banyak orang akan dapat mengakses fitur ini. IM juga sangat berguna untuk pelatihan dan demonstrasi karena kotak dialog IM dapat diproyeksikan dengan mudah dari komputer lain. Demonstrasi sistem secara langsung dapat menjadi jauh lebih baik dengan menggunakan alat yang sangat efektif ini.

Pengiriman spreadsheet melalui email: Bagaimana cara kerjanya?

Kelola Training Course IND.png
  • Fungsi ini tersedia bagi staf laboratorium, koordinator, dan beberapa jenis pengguna khusus lainnya. Fungsi ini menyediakan cara yang efisien untuk memindahkan sejumlah besar data ke sistem iSIKHNAS. Staf harus sudah menjalani pelatihan khusus dan diberi izin untuk ikut terlibat.
  • Pengguna terdaftar memasukkan data ke template spreadsheet terstandar. Template standar perlu diikuti supaya sistem dapat mengenali data apa yang dikirim dan cara mengelolanya.
  • Spreadsheet kemudian dikirimkan sebagai lampiran pada email ke iSIKHNAS.
  • iSIKHNAS otomatis memeriksa data untuk mencari kesalahan. Jika ditemukan kesalahan, spreadsheet akan dikembalikan kepada pengguna dengan kesalahan yang ditandai agar dapat diperbaiki.
  • Jika spreadsheet yang dikirimkan bebas dari kesalahan, data akan dimasukkan ke dalam pangkalan data dan segera tersedia untuk dilihat dan dimasukkan dalam pelaporan otomatis.

Panduan bagi staf Laboratorium Jenis B dan C

Apa alamat email untuk mengirimkan data ke iSIKHNAS?

Alamat email tersebut akan diberikan kepada pengguna terdaftar oleh pengawasnya.

Tanggal di spreadsheet saya salah format. Apa yang dapat saya lakukan?

Microsoft Excel menggunakan setting di komputer untuk menentukan jenis format tampilan tanggal. Untuk pengumpulan data, tanggal harus dalam stradar format Indonesia / Eropa tgl/bln/thn (contoh, 23/04/2014).

Beberapa komputer mungkin sudah menggunakan konfigurasi otomatis menggunakan format tanggal US: bln/tgl/thn. Jika Anda mengirimkan tanggal dalam format ini, akibatnya akan terjadi error.

Kadang-kadang sulit untuk melihat dengan cepat format apa yang digunakan. Untuk mengujinya, coba masukan data yang tidak valid dalam format lain (contohnya 1/1/2014 valid dalam format apa pun, tetapi 24/3/2014 hanya valid dalam format Indonesia, dan tidak dalam format US).

Untuk mengubah tampilan tanggal, Anda harus mengubah setting komputer Anda.

Dalam MS Windows, cara mengubah sedikit berbeda dari versi Windows. Anda harus membuka Control Panel, dan mencari setting Region and Language.

Pada Format:, pilih Indonesia dan kemudian OK untuk menyimpan.

Ketika Anda memulai MS Excel, tampilan data akan muncul dengan format yang benar.

Mendapatkan informasi dari sistem

Data out.svg

Bagaimana cara mendapatkan informasi dari sistem?

Pengguna terdaftar dapat mengakses berbagai macam informasi dari sistem melalui ponselnya (SMS atau IM). Tentu saja, pengguna komputer dengan akses internet dapat mengakses data melalui situs web iSIKHNAS -

www.isikhnas.com

Mendapatkan informasi tentang kode

Code book.png

Bagaimana jika tidak ingat salah satu kode untuk digunakan dalam pesan?

Kebanyakan pesan menggunakan kode yang berbeda sehingga pesan lebih pendek dan lebih mudah untuk mengetik, dan untuk menghindari perbedaan ejaan dan kesalahan.

Ada dua cara untuk mengetahui kode:

  • Pesan KODE untuk daftar kode-kode yang sering digunakan, Anda dapat mencari semua kode dengan menggunakan pesan KODE. Untuk mencari daftar kode, pertama-tama kirim pesan KODE saja.
KODE

Balasannya akan seperti ini:

Format: KODE {jenis kode}. Jenis kode: SP (spesies), RP (rumah potong), JHRP (jenis hewan rumah potong), 
POP (jenis populasi), TAN (tanda-tanda), AH (akhir hewan), JP (jenis pengguna), PK (perkembangan kasus), 
SL (seksi lab), BS (bentuk spesimen), SIN(sindrom prioritas), SUM (sumber penyakit), 
UC (uji cepat), JI (jenis infrastruktur)

Selanjutnya untuk mendapatkan daftar lengkap kode untuk jenis tertentu (sindrom misalnya), kirim:

KODE SIN

Balasan:

Abortus atau sendi bengkak KGS; 
Penyakit yang tidak biasa atau berpotensi penting PLB; 
Demam pada babi DMB; 
Pincang, liur, lepuh PLL; 
Mati mendadak MTD; 
Gigit dan perubahan prilaku GGA; 
Mati mendadak pada unggas MMU
  • Cari Kode... pesan: untuk daftar lebih panjang, ada serangkaian pesan SMS khusus yang membantu Anda mencari kode yang benar. Setiap pesan-pesan tersebut diawali dengan CK (cari kode) dan kemudian huruf lain untuk menyebutkan apa yang Anda cari.

Examples include:

  • CKS - Cari Kode Spesies
  • CKO - Cari Kode Obat
  • CKL - Cari Kode Lokasi

Format untuk setiap pesan memiliki sedikit perbedaan, jadi periksalah format terlebih dahulu.


Apa yang harus dilakukan jika saya lupa kode awal sebuah pesan?

Apa yang harus dilakukan jika saya lupa format sebuah pesan?

Bagaimana cara mencari tahu sebuah kode dengan menggunakan ponsel saya?

Bagaimana cara mencari tahu kode obat tertentu yang saya pakai untuk pengobatan?
Bagaimana cara mencari tahu kode untuk tanda tertentu?
Bagaimana cara mencari tahu kode untuk penyakit tertentu?

Di mana saya bisa mencari tahu kode terkait pengiriman ke laboratorium?

Lab icon4.png


Bagaimana cara kerja kode lokasi?

Location point.svg
Bagaimana cara mencari tahu kode lokasi?

Apa yang dimaksud dengan kode infrastruktur dan bagaimana cara kerjanya?

Home256.png



Bagaimana saya menentukan Jenis Pengguna yang harus dipilih ketika mendaftarkan pengguna baru?

User types.svg



Mendapatkan informasi mengenai kasus atau ternak saat Anda berada di lapangan

Bagaimana cara mencari tahu tentang lalu lintas ternak baru-baru ini di daerah saya?
Bagaimana cara mendapatkan laporan kasus yang lengkap mengenai kasus tertentu?
Bagaimana cara mencari tahu tentang kasus baru-baru ini di sebuah desa?
Bagaimana cara mencari tahu daftar hewan yang terdaftar atas nama peternak tertentu?

Menggunakan web site

Tailored website.svg

=== Apa alamat untuk situs web iSIKHNAS? === Pengguna terdaftar dapat mengakses situs web di www.isikhnas.com. Untuk mengakses website, Anda harus login dengan password. Beberapa informasi yang terbatas tersedia untuk publik.

Bagaimana cara mendapatkan akses?

Untuk mengakses situs web Anda harus terlebih dahulu didaftarkan. Hanya staf pemerintah terkait dan lain-lain dengan kebutuhan yang sah untuk mengakses sistem dapat didaftarkan. Untuk dapat didaftarkan, Anda harus meminta akses dari koordinator iSIKHNAS setempat.


Saya ingin mengubah kata sandi. Kata sandi apa yang baik untuk digunakan?

Padlock locked.svg

Risiko keamanan terbesar untuk iSIKHNAS adalah jika para pengguna menggunakan kata sandi yang lemah atau mudah ditebak. Jika menggunakan kata sandi yang umum digunakan, ingat bahwa internet penuh dengan robot otomatis yang mencoba masuk ke situs dengan mencoba menebak jutaan kali per menit.

Jika kata sanda Anda lemah, maka keamanan sistem kesehatan hewan Indonesia berisiko. Setiap pengguna bertanggung jawab melindungi iSIKHNAS.

Beberapa kiat memilih kata sandi yang baik:

  • Semakin pancang lebih baik. Gunakan setidaknya 8 karakter, tetapi lebih panjang selalu lebih baik
  • Jangan gunakan kata, nama, frasa atau urutan angka yang umum
  • Gunakan gabungan huruf and angka, urutan ke atas dan ke bawah, dan termasuk simbol
  • Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk sistem yang berbeda
  • Jangan tulis kata sandi Anda yang dapat dilihat dan digunakan orang lain
  • Jangan biarkan siapa pun (bahkan pengguna iSIKHNAS lain yang terdaftar) menggunakan kata sandi Anda.
  • Jangan pernah memberi tahu kata sandi Anda ke siapa pun, bahkan administrator iSIKHNAS. Siapa pun tidak perlu tahu kata sandi Anda.

Kata sandi yang panjang dan rumit akan sangat sulit untuk mengingatnya. Bagaimana Anda memilih kata sandi yang mudah diingat? Ada beberapa strategi yang umum:

  • Gunakan perangkat lunak pengaman Password Safe. Ini seperti dompet untuk semua kata sandi Anda, yang dengan sendirinya terproteksi dengan satu kata sandi.
  • Gunakan frasa yang mudah diingat, dan ambil huruf pertama dari setiap kata sebagai kata sandi (lebih baik gabungan huruf, angka dan simbol). Sebagai contoh mengingat kata sandi Anda semudah menyanyikan lagu kesukaan Anda.
  • Gunakan kombinasi 4 setiap hari tetapi kata-kata yang tidak berhubungan - ini menghasilkan kata sandi yang panjang, yang mudah diingat tetapi sulit ditebak
  • Gunakan standar untuk kata sandi pribadi (berdasarkan pilihan apa pun dari dua pilihan terakhir) sehingga mempunyai cara standar untuk membuat kata sandi yang berbeda untuk setiap situs. Sebagai contoh, tambahkan nama atau singkatan situs atau URL di akhir kata sandi Anda untuk membuat kata sandi yang panjang dan berbeda untuk setiap situs.


Troubleshooting.svg