GIS AH IND: Kata Pengantar

Revisi per 31 Oktober 2014 09.33; Rachel (bicara | kontrib)

(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya→ (beda)

Pengantar Singkat

Mengenai pelatihan ini

Pelatihan SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk Kesehatan Hewan ini telah diadopsi dan dimodifikasi dari materi pelatihan QGIS yang dibuat oleh Linfiniti Consulting CC. Kami telah mengadopsi materi latihan tersebut dengan menggunakan data dari Indonesia. Kami juga telah menyusun bab baru untuk menunjukkan kepada anda bagaimana menggunakan dan menerapkan keahlian ini untuk memecahkan permasalahan kesehatan hewan berdasarkan data dari sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang baru, iSIKHNAS.

Panduan asli untuk pelatihan ini dibuat dengan QGIS 1.8 dan kita akan tetap menggunakan versi tersebut. Panduan asli yang berisi lebih banyak latihan tingkat lanjut dapat dilihat pada situs web ini dan juga di sini.

Selamat datang di pelatihan ini! Kami akan menunjukkan kepada anda bagaimana menggunakan QGIS dengan mudah dan efisien. Jika anda baru mengenal QGIS, kami akan memberi tahu anda apa saja yang dibutuhkan untuk memulai.

Jika anda adalah seorang pengguna yang berpengalaman, anda akan melihat bagaimana QGIS dapat memenuhi semua fungsi yang diharapkan dari sebuah perangkat lunak SIG dan lebih banyak lagi!

Beberapa konsep dasar dari SIG

Gambaran umum

Seperti halnya kita menggunakan pengolah kata untuk menulis dokumen dan mengelola kata pada komputer, kita dapat menggunakan aplikasi SIG untuk menangani informasi spasial pada komputer. SIG merupakan singkatan dari 'Sistem Informasi Geografis'.

SIG terdiri dari:

  • Data Digital – informasi geografis yang akan anda simak dan analisis dengan menggunakan perangkat lunak dan keras komputer.
  • Perangkat Keras Komputer – perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar serta menyimpan dan mengolah data.
  • Perangkat Lunak Komputer – aplikasi komputer yang menjalankan perangkat keras dan memungkinkan anda untuk bekerja dengan data digital. Sebuah perangkat lunak yang menjadi bagian dari SIG disebut sebagai Aplikasi SIG.

Dengan aplikasi SIG, anda dapat membuka peta digital pada komputer, menyusun informasi spasial baru untuk ditambahkan pada sebuah peta, membuat peta cetak sesuai dengan kebutuhan, dan melakukan analisis spasial.

SIG merupakan bidang yang relatif baru — dimulai pada tahun 1970-an. Pada awalnya, SIG yang terkomputerisasi hanya tersedia untuk perusahaan dan universitas yang memiliki perangkat komputer mahal. Sekarang, siapapun yang memiliki komputer pribadi atau komputer jinjing dapat menggunakan perangkat lunak SIG. Seiring waktu, Aplikasi SIG juga menjadi semakin mudah digunakan –– dahulu dibutuhkan pelatihan yang mendalam untuk dapat menggunakan Aplikasi SIG, namun saat ini siapa saja dapat mulai menggunakan SIG dengan mudah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, SIG lebih dari sekadar perangkat lunak dan merujuk pada keseluruhan aspek dalam mengelola serta menggunakan data geografis. Pada tutorial selanjutnya, kita akan memusatkan perhatian pada Perangkat Lunak SIG.

Aplikasi SIG biasanya berupa perangkat lunak dengan antarmuka pengguna grafis yang dapat dimanipulasi dengan tetikus dan papan ketik. Aplikasi ini memiliki menu di dekat bagian atas jendela tampilan (File, Edit, dst.) yang akan menunjukkan panel pilihan apabila diklik dengan tetikus. Pilihan-pilihan ini memungkinkan anda untuk memberi tahu Aplikasi SIG mengenai apa yang anda butuhkan. Sebagai contoh, anda dapat menggunakan menu tersebut untuk memberi tahu Aplikasi SIG agar menambahkan layer baru pada tampilan.

Layer - Fungsi umum dari Aplikasi SIG untuk menampilkan layer peta. Layer peta disimpan dalam bentuk file pada komputer atau sebagai data pada basis data. Pada umumnya layer peta mewakili suatu fitur di dunia nyata –– misalnya sebuah layer jalan yang berisi data mengenai jaringan jalan.

Tampilan peta - Ketika anda membuka sebuah layer pada Aplikasi SIG, layer tersebut akan muncul pada tampilan peta. Bagian ini menunjukkan tampilan gambar yang mewakili layer anda. Jika anda menambahkan lebih dari satu layer pada tampilan peta, maka layer-layer tersebut akan ditampilkan secara bertumpukan. Anda akan sering melihat tampilan peta yang memiliki beberapa layer. Salah satu fungsi penting dari tampilan peta adalah kemampuan memperbesar atau memperkecil tampilan suatu daerah dan melihat sekeliling peta tersebut.

Legenda Peta - Fitur umum lainnya pada Aplikasi SIG adalah legenda peta. Fitur ini menampilkan daftar layer yang telah dimuat ke dalam Aplikasi SIG. Tidak seperti pada peta kertas, legenda peta atau ‘daftar layer’ pada Aplikasi SIG menyediakan cara untuk mengatur, menyembunyikan, menampilkan dan mengelompokkan layer. Mengganti urutan layer dapat dilakukan dengan mengklik sebuah layer pada legenda, kemudian menahan tombol tetikus dan menarik layer tersebut ke posisi yang baru. Cara penampilan layer dapat disesuaikan dengan mengubah urutannya – misalnya untuk menampilkan sungai di atas jalan ketimbang di bawahnya.

Terdapat berbagai Aplikasi SIG yang tersedia. Beberapa memiliki banyak fitur yang canggih dan berharga cukup mahal. Di lain sisi, anda juga bisa mendapatkan Aplikasi SIG dengan gratis. Memutuskan Aplikasi SIG mana yang digunakan bergantung pada jumlah dana yang anda miliki dan pilihan pribadi. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan Aplikasi SIG QGIS yang tersedia secara gratis sehingga anda dapat menyalin dan memberikannya kepada siapapun sebanyak yang dibutuhkan.

Data SIG - Setelah mengetahui apa itu SIG dan apa yang dapat dilakukan oleh Aplikasi SIG, mari kita bahas data SIG. Data adalah istilah lain dari informasi. Data yang kita gunakan dalam SIG biasanya memiliki aspek geografis. Berikut ini adalah contoh data yang dikumpulkan oleh seorang petugas kesehatan. Petugas tersebut membuat sebuah tabel untuk mencatat informasi penyakit berikut ini:

Bujur Lintang Penyakit Tanggal 26,870436 -31,909519 Gondok 13/12/2008

Kolom lintang dan bujur berisi data geografis. Sedangkan kolom penyakit dan tanggal berisi data non-geografis.

Fitur umum dari SIG adalah fungsi untuk mengasosiasikan informasi (data non-geografis) dengan tempat (data geografis). Lebih jauh lagi, Aplikasi SIG dapat menyimpan berbagai potongan informasi yang diasosiasikan dengan masing-masing tempat – sebuah kemampuan yang kurang dimiliki peta kertas. Sebagai contoh, petugas kesehatan pada contoh sebelumnya dapat menyimpan informasi umur dan jenis kelamin pada tabel yang dibuatnya. Ketika Aplikasi SIG menampilkan layer, anda dapat memberi tahunya untuk membuat tampilan berdasarkan jenis kelamin, penyakit, atau yang lainnya. Dengan Aplikasi SIG, kita dapat dengan mudah mengubah tampilan sebuah peta berdasarkan data geografis yang diasosiasikan dengan tempat.

Sistem SIG dapat menangani berbagai jenis data.

Data vektor disimpan sebagai serangkaian pasangan koordinat X,Y pada memori komputer. Data vektor digunakan untuk mewakili titik, garis, dan area. Ilustrasi pada figure_vector_data menunjukkan berbagai jenis data vektor yang ditampilkan pada aplikasi SIG. Pada tutorial selanjutnya, kita akan mempelajari data vektor secara lebih mendalam.

Data vektor digunakan untuk mewakili titik (contohnya kota), garis (contohnya sungai), dan poligon (contohnya perbatasan kota).

Data raster disimpan dalam bentuk jaringan nilai. Terdapat banyak satelit di sekeliling bumi yang menghasilkan foto dalam bentuk data raster yang dapat dilihat dengan SIG. Salah satu perbedaan penting di antara data raster dan vektor ialah jika anda terlalu memperbesar sebuah gambar raster, maka tampilannya akan mulai terlihat 'terkotak-kotak' (lihat ilustrasi pada figure_raster_data_1 dan figure_raster_data_2). Kotak-kotak ini merupakan sel-sel individual dari jaringan data yang menyusun gambar raster tersebut. Kita akan membahas data raster secara lebih mendalam pada tutorial selanjutnya.

Data raster seringkali berupa gambar-gambar yang diambil oleh satelit. Di sini kita dapat melihat pegunungan di wilayah Eastern Cape.

Apa yang telah kita pelajari?

Mari kita rangkum materi yang telah dibahas pada gambaran umum yang singkat ini:

  • SIG adalah sebuah sistem yang terdiri atas perangkat keras dan lunak komputer beserta data geografis.
  • Aplikasi SIG memungkinkan anda untuk menampilkan data geografis dan merupakan bagian penting dari SIG.
  • Aplikasi SIG biasanya terdiri atas batang menu, toolbar, tampilan peta, dan legenda.
  • Data vektor dan raster merupakan jenis data geografis yang digunakan dalam aplikasi SIG.
  • Data geografis dapat diasosiasikan dengan data non-geografis.

Pertimbangkan hal-hal berikut ini:

3 alasan mengapa SIG lebih bermanfaat dari peta kertas:

  • Aplikasi SIG memungkinkan anda untuk membuat berbagai jenis peta dari data yang sama.
  • SIG merupakan alat bantu visualisasi yang dapat membantu anda untuk menampilkan data dan relasinya dalam ruang.
  • Peta kertas harus disimpan sebagai berkas dan dapat menghabiskan waktu untuk dibaca. SIG dapat menyimpan data peta dalam jumlah besar dan memudahkan anda untuk mencari suatu lokasi tertentu dengan cepat.

Bagaimana data raster dari satelit dapat berguna? Berikut adalah beberapa gagasan yang dapat kita pertimbangkan:

  • Pada saat bencana alam, data raster dapat berguna untuk menunjukkan daerah terdampak. Sebagai contoh, foto satelit terbaru pada saat bencana banjir dapat membantu menunjukkan lokasi warga yang membutuhkan pertolongan.
  • Kadangkala manusia melakukan perbuatan yang buruk terhadap lingkungan, misalnya membuang bahan kimia berbahaya yang dapat membunuh hewan dan tumbuhan. Data raster dari satelit dapat membantu kita untuk memantau permasalahan seperti ini.
  • Perencana tata ruang kota dapat menggunakan data raster dari satelit untuk melihat lokasi pemukiman informal dan membantu perencanaan infrastruktur.

Trainer: Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Jika anda tidak memiliki komputer, banyak dari topik-topik yang kita bahas dalam tutorial ini dapat direproduksi dengan menggunakan proyektor dan plastik transparansi karena menggunakan teknik yang sama dengan penempatan informasi layer. Namun akan selalu lebih baik menggunakan komputer untuk dapat memahami SIG sepenuhnya.

Bacaan lebih lanjut

Unduh Pengantar Umum Mengenai SIG

Buku: Desktop GIS: Mapping the Planet with Open Source Tools. Penulis: Gary Sherman. ISBN: 9781934356067

Situs web: http://www.gisdevelopment.net/tutorials/tuman006.htm

Panduan Pengguna QGIS memiliki informasi yang lebih terperinci mengenai penggunaan QGIS.

Apa selanjutnya?

Pada modul selanjutnya, kita akan melakukan pembahasan lebih lanjut dan menunjukkan kepada anda bagaimana menggunakan Aplikasi SIG. Semua tutorial akan menggunakan QGIS.

Bagaimana menggunakan materi pelatihan ini

Teks yang tampak seperti ini menunjukkan sesuatu pada layar tampilan yang dapat anda klik.

Teks yang tampak \rightarrow seperti \rightarrow ini mengarahkan anda melalui penggunaan menu.

Teks seperti ini menunjukkan sesuatu yang dapat anda ketikkan; misalnya perintah, lokasi file, atau nama dokumen.

Sasaran pelatihan bertingkat

Pelatihan ini dapat diberikan kepada pengguna dengan tingkat pengalaman yang berbeda. Tergantung dari kategori pengalaman yang dimiliki, anda dapat mengharapkan hasil pelatihan yang berbeda. Setiap kategori berisi informasi yang penting untuk bagian selanjutnya, jadi anda perlu melakukan semua latihan yang berada pada tingkat kemampuan anda maupun di bawahnya.

Basic.png Tingkat Dasar

Dalam kategori ini, anda diasumsikan hanya memiliki sedikit pengalaman dengan teori SIG maupun penggunaan perangkat lunaknya atau tidak sama sekali.

Latar belakang teori akan diberikan secara terbatas untuk menjelaskan tujuan dari langkah-langkah penggunaan perangkat lunak yang anda lakukan, tetapi penekanan akan diberikan pada pembelajaran melalui praktek.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, anda akan memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai potensi dari SIG dan bagaimana memanfaatkan kekuatannya melalui QGIS.

Moderate.png Tingkat Menengah

Dalam kategori ini, anda diasumsikan telah memiliki pengetahuan dan pengalaman menggunakan SIG dalam pekerjaan sehari-hari.

Instruksi yang diberikan pada tingkat dasar akan membantu anda serta menunjukkan perbedaan QGIS dengan perangkat lunak lain yang biasa anda gunakan. Anda juga akan mempelajari bagaimana menggunakan fungsi analisis QGIS.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, anda akan merasa nyaman menggunakan QGIS untuk menangani semua fungsi yang dibutuhkan dari SIG dalam pekerjaan sehari-hari.

Hard.png Tingkat Lanjut

Dalam kategori ini, anda diasumsikan telah berpengalaman dengan SIG serta memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penggunaan basis data spasial, pemanfaatan data dari server jarak jauh, penulisan skrip untuk keperluan analisis, dsb.

Intruksi yang diberikan pada dua tingkatan sebelumnya akan membantu mengakrabkan anda dengan pendekatan yang diikuti oleh antarmuka QGIS dan memastikan anda mengetahui bagaimana mengakses fungsi-fungsi dasar yang diperlukan. Anda juga akan ditunjukkan bagaimana menggunakan berbagai sistem pada QGIS seperti plugin, akses basis data, dst.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, anda akan lebih memahami penggunan QGIS, beserta fungsi-fungsi tingkat lanjut yang dimilikinya, dalam pekerjaan sehari-hari.

Mengapa QGIS?

Seiring perkembangan informasi yang lebih bersifat spasial, saat ini telah tersedia banyak alat bantu yang dapat memenuhi sebagian atau seluruh fungsi-fungsi yang umum digunakan dalam SIG. Mengapa harus menggunakan QGIS dan bukan paket perangkat lunak SIG yang lain?

Berikut ini adalah sebagian dari alasannya:

  • Gratis. Siapa saja dapat mengunduh dan menggunakannya - tanpa biaya.
  • Berkemampuan tinggi - sehebat dan secanggih kebanyakan paket perangkat lunak SIG tingkat tinggi yang mahal.
  • Bersifat open source yang berarti anda dapat mensponsori pembuatan suatu fitur atau menambahkannya sendiri jika anda memahami pemrograman komputer. Anda bebas mengembangkannya sesuai kebutuhan.
  • Terus-menerus dikembangkan. Karena siapa saja dapat menambahkan fitur baru dan menyempurnakan yang telah ada, QGIS tidak pernah stagnan. Pembuatan alat bantu baru dapat berlangsung secepat anda membutuhkannya.
  • Bantuan dan dokumen panduan tersedia secara ekstensif. Apabila mengalami kesulitan, anda dapat merujuk pada dokumentasi yang ekstensif maupun meminta bantuan dari sesama pengguna QGIS atau bahkan pengembangnya.
  • Lintas sistem operasi. QGIS dapat diinstalasi pada MacOS, Windows dan Linux.

Kini setelah mengetahui mengapa anda perlu menggunakan QGIS, kami dapat menunjukkannya kepada anda. Materi berikutnya akan memberikan panduan dalam membuat peta QGIS pertama anda.

Catatan: Sebelum memasuki modul pertama, pastikan anda telah mengunduh, menginstalasi, dan dapat menjalankan QGIS v.1.8 Klik di sini untuk mengunduh

Klik di sini untuk memasuki Modul 2 : Antarmuka