GIS for Animal Health/id

Revisi per 12 Mei 2015 16.14; Nadia (bicara | kontrib)

(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya→ (beda)
Bahasa lain:
English • ‎Bahasa Indonesia

GIS untuk Kesehatan Hewan

Location point.svg



Panduan

Nuvola apps bookcase.png

________________________________________________________________________

GIS: Menggunakan QGIS

Panduan QGIS

Nuvola apps bookcase.png


Unduh Perangkat Lunak QGIS

Recycle.svg
  • QGIS Version 1.8. Ini adalah versi yang digunakan dalam pelatihan dan direkomendasikan untuk digunakan selama pelatihan
  • Versi Terkini. Untuk penggunaan independen atau digunakan setelah pelatihan selesai.


Tentang Proyek QGIS

QGISLogo.png

Mengapa menggunakan QGIS?

Seiring dengan semakin terkoneksinya informasi dengan lokasi geografis, ada kekurangan alat-alat yang dapat memenuhi beberapa atau semua fungsi SIG. Mengapa harus menggunakan QGIS dan bukan paket perangkat lunak GIS yang lain?

Berikut ini adalah sebagian dari alasannya:

  • Gratis. Menginstal dan menggunakan program QGIS tidak membebani anda dengan biaya apapun. Tidak ada biaya awal, tidak ada iuran, tanpa biaya.
  • Fleksibel. Jika anda membutuhkan fungsionalitas tambahan dalam QGIS, anda dapat melakukan lebih dari sekedar menantikan rilis berikutnya akan memasukkan fungsi-fungsi tersebut. Anda dapat mensponsori pengembangan fitur atau menambahkannya sendiri jika anda paham tentang pengaturan program/programming.
  • Ia merupakan open sourse sehingga selalu berkembang. Karena siapapun dapat menambahkan fitur-fitur baru dan meningkatkan fitur yang sudah ada, QGIS tidak pernah jalan di tempat. Pengembangan alat baru bisa terjadi secepat yang anda butuhkan.
  • Bantuan dan dokumentasi ekstensif pun tersedia. Jika anda merasa ada yang tidak dimengerti, anda dapat beralih ke dokumentasi ekstensi, rekan anda sesama pengguna QGIS atau bahkan para pengembangnya sendiri.
  • Lintas-platform. QGIS dapat dipasang pada MacOS, Windows dan Linux.

Klik disini jika anda ingin mendapatkan Pengantar GIS sebelum mulai menjalani kursus pelatihan ini. Untuk sekarang pengantar ini tersedia hanya dalam bahasa Inggris.

Sasaran pelatihan bertingkat

Pelatihan ini dapat diberikan kepada pengguna dengan tingkat pengalaman yang berbeda. Tergantung dari kategori pengalaman yang dimiliki, anda dapat mengharapkan hasil pelatihan yang berbeda. Setiap kategori berisi informasi yang penting untuk bagian selanjutnya, jadi anda perlu melakukan semua latihan yang berada pada tingkat kemampuan anda maupun di bawahnya.

Dasar

Bronze-metal-green256.png

Dalam kategori ini, kursus berasumsi bahwa anda memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman dengan pengetahuan SIG teoritis ataupun dengan program GIS. Latar belakang teoritis terbatas akan diberikan untuk menjelaskan tentang tujuan dari tindakan yang akan lakukan dalam program ini, namun penekanannya terletak pada belajar dengan melakukan langsung (learning by doing). Ketika anda menyelesaikan pelatihan ini, anda akan memiliki konsep yang lebih baik tentang kemungkinan-kemungkinan GIS, dan bagaimana memanfaatkan kekuatan mereka melalui QGIS.

Intermediate

Bronze-metal-blue256.png

Dalam kategori ini, diasumsikan bahwa anda telah memiliki pengetahuan dan pengalaman dari penggunaan GIS sehari-hari. Mengikuti instruksi yang diberikan pada level pemula akan memberikan anda latar belakang yang telah anda kenali serta membuat anda menyadari kasus-kasus dimana QGIS melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dari perangkat lunak lainnya yang mungkin biasa anda gunakan. Anda juga akan belajar menggunakan fungsi-fungsi analisis yang ada pada QGIS. Ketika anda menyelesaikan pelatihan ini, anda hendaknya akan merasa nyaman menggunakan QGIS untuk seluruh fungsi yang biasanya anda butuhkan dari GIS untuk kebutuhan sehari-hari anda.

Lanjutan (Advanced)

Bronze-metal-red128.png

Dalam kategori ini, diasumsikan bahwa anda sudah berpengalaman dengan GIS, memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan database spasial, penggunaan data dari server jarak jauh (remote), dan mungkin dengan penulisan naskah untuk tujuan-tujuan analisa, dll. Mengikuti instruksi yang diberkan di dua level sebelumnya akan membiasakan anda dengan pendekatan yang dimiliki interface QGIS dan akan memastikan bahwa anda mengetahui bagaimana mengakses fungsi-fungsi dasar yang anda butuhkan. Anda juga akan ditunjukkan bagaimana memanfaatkan sistem plugin QGIS, sistem akses database dan sebagainya. Ketika anda menyelesaikan pelatihan ini, anda hendaknya telah terbiasa dengan operasional sehari-hari QGIS beserta fungsi-fungsi tingkat lanjut yang dimilikinya.

Tautan tambahan ke dalam tutorial dan materi QGIS lainnya

Link.svg