Sumber Daya Pelatihan ISIKHNAS

Revisi per 10 Juli 2017 17.32; Catriona (bicara | kontrib)

(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya→ (beda)
Bahasa lain:
English • ‎Bahasa Indonesia

Pusat Pelatihan iSIKHNAS

ISIKHNAS mini logo.svg
Modul Inti : Core Modules M1 Laporan routin M2 Pelsa M11 Kueri sistem M4 SKKH
M3 Investigasi Penyakit Prioritas M7 Vaksinasi M5 Surveilans Actif M6 Populasi
Hewan identifikasi: Animal ID M9 ID Hewan dan Pemilik M21 ID Hewan dan Laporan Routin M10 Manajemen Produksi Ternak
Other tools M19 App Android M8 Instant Messaging
Modul Koordinator : Coordinator Modules M14 Koordinator M22 Pengelolaan Data Spasial M15 Wiki M17 Manajmen Pelathihan

Ringkasan

Bagian ini dirancang untuk pelatih dan orang lain yang terlibat dalam mempersiapkan pelatihan bagi staf kesehatan hewan dan veteriner di Indonesia untuk membantu mereka dalam menggunakan Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional, iSIKHNAS.

Pelatihan untuk iSIKHNAS dibagi menjadi beberapa Modul Pelatihan yang mudah diatur. Modul-modul ini dirancang untuk

  • memastikan pelatihan dilakukan secepat dan seefisien mungkin - sebagian besar satu hari atau kurang,
  • mengurangi banyaknya persiapan yang diperlukan oleh para pelatih,
  • memastikan kekonsistenan bahan pelatihan dan pendekatannya,
  • sefleksibel mungkin sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas lokal,
  • digunakan untuk kelompok maupun individu, sebagai latihan dan sebagai unit untuk belajar secara mandiri,
  • mendorong program yang sedang berlangsung bagi pengembangan staf

Informasi bagi Pelatih dan Koordinator

Sistem yang sangat bermanfaat ini terdiri dari berbagai macam fungsi untuk berbagai staf kesehatan hewan sehingga untuk menjadikan pelatihan ini mudah dikelola dan efesien, fungsi-fungsi ini telah dipecah-pecah ke dalam modul yang singkat, dan spesifik untuk tujuan yang diinginkan, yang sebagian besar dapat dilatih dalam satu hari dan sering kali kurang dari satu hari.

Maksudnya bahwa ketika iSIKHNAS pertama kali diperkenalkan di kabupaten, SEMUA staf veteriner yang setiap hari terlibat dalam pelayanan kesehatan hewan bagi para peternak dan ternaknya dilatih oleh koordinator kabupaten yang baru dengan bantuan dari koordinator provinsi dan pelatih ahli. Modul pertama akan selalu Modul 1 : Pelaporan Penyakit Rutin dan Manajemen Kasus. Modul ini memperkenalkan staf mengenai pentingnya prinsip-prinsip dan filosofi dibalik dibuatnya iSIKHNAS, memperkenalkan fungsi-fungsi inti dan mekanisme pelaporan dan memberikan praktik lebih dan membiasakan diri dengan sistem yang didorong oleh pelayanan. Modul ini terdiri dari pelaporan penyakit rutin dan prioritas dari lapangan, pengobatan, pengiriman sampel ke lab, tindak lanjut dan hasil - tugas yang paling umum dan inti yang dilakukan oleh semua staf di dinas kabupaten. Modul 1 adalah prasyarat untuk semua modul yang ditujukan bagi kelompok staf lapangan teknis.

Dari pengalaman, modul pertama memerlukan para pelatih yang mempunyai motivasi serta mendapat dukungan yang baik dengan tingkat energi yang baik, memberikan kesabaran dan waktu untuk membuat para pengguna sistem yang baru berkesempatan untuk berlatih dan mendapatkan kepercayaan diri. Ini adalah modul yang menentukan seberapa baik staf beradaptasi untuk perubahan dan menerima pelatihan fitur-fitur baru yang diberikan di masa mendatang. Ini akan memberikan dasar untuk modul-modul berikutnya. Setelah modul pertama, koordinator kabupaten menjadi penanggung jawab penuh membuat dan melaksanakan rencana pelatihan berikutnya untuk staf. Rencana yang dibuat harus merespons prioritas kabupaten dan provinsi, juga tingkat motivasi dan ketertarikan staf dan kemampuan mereka menyerap dan melakukan praktik-praktik baru. Perlu dicatat bahwa pada waktu tertentu koordinator kabupaten bertanggung jawab untuk melatih semua staf baru (yang baru untuk iSIKHNAS dan baru di kabupaten atau provinsi) dalam Modul 1 ketika kebutuhan meningkat. Pada saat ini diperlukan akan ada banyak pengguna yang percaya diri yang dapat membantu tugas pelatihan ini.

Setelah menguasai prinsip dasar, pesan SMS pertama dan refleks untuk menggunakan berbagai macam pertanyaan sistem untuk membantu pelaporan yang akurat, pengalaman menunjukan bahwa staf mengerti dan menggunakan semua pesan berikutnya dengan sangat cepat dan mudah. Direkomendasikan bahwa setidaknya satu modul baru diperkenalkan kepada staf setiap bulan, tetapi perlu diingat tidak semua staf memerlukan semua alat yang ada sehingga target peserta dapat berbeda-beda setiap saat. Tidak semua staf terlibat dalam produksi dan pengembangbiakan atau pelaporan rumah potong, tidak semua staf memerlukan pelatihan Investigasi Penyakit Prioritas dan Respons, dan seterusnya. Beberapa modul, seperti Statistik Populasi Desa, Kegiatan Vaksinasi atau Surveilans Aktif (Modul 5, 6 dan 7) melibatkan satu pesan dan hanya dilakukan sebelum kegiatan yang direncanakan seperti pengumpulan dan pencatatan data populasi ternak desa, atau rencana kegiatan vaksinasi sebagai bagian dari program kabupaten atau provinsi atau rencana kegiatan pengambilan sampel sebagai bagian dari program surveilans aktif.

Beberapa modul bergantung pada modul lain dan harus mengikuti urutan logis, sebagai contoh Modul 9 : Registrasi Peternak dan Identifikasi Ternak harus sebelum Modul 10 : Manajemen Pengembangbiakan. Beberapa modul hanya digunakan dan bermanfaat bagi sekelompok kecil pengguna sistem sehingga Koordinator dapat memutuskan untuk memberi pelatihan ad-hoc, atau pelatihan per staf, contohnya penggunaan Pemberian Pesan Instan (Module 8) atau penggunaan data iSIKHNAS menggunakan website (Modul 16). Beberapa modul akan sangat berguna bagi staf dengan tugas-tugas administratif agar memberikan dukungan yang besar bagi koordinator dalam registrasi peternak dan ternak, mengunggah spreadsheet atau manajemen pelatihan (Modul 9, 17 dan 18).

Untuk kabupaten yang mempunyai jejaring pelapor tingkat desa, Modul 2: Pelsa : modul Pelapor Desa harus segera diberikan setelah modul pertama. Staf dapat membantu di dalam pelatihan yang sering kali memerlukan banyak masukan dan penegasan. Sub-modul Pengenalan Tanda dapat diberikan bersamaan dengan sumber selanjutnya atau disertakan dengan sumber penting ini.

Segera setelah pemberian pelatihan suatu modul, staf wajib untuk mulai menggunakan" alat baru (pesan sms, paling sering) dengan segera. Ini harus dilakukan oleh semua staf terkait pada waktu yang sama untuk memastikan kesesuaian yang sangat baik sejak dari awal. Koordinator harus terus memonitor sistem selama periode awal langsung setelah pelatihan dilakukan. Staf tidak boleh dibiarkan membuat terlalu banyak kesalahan dan menjadi frustasi. Koordinator mempunyai alat monitoring pada jari mereka yang dapat membantu mendiagnosis permasalahan pelaporan dan langsung menawarkan bantuan serta saran bagi staf yang mengalami kesulitan. Ini harus dilakukan sepenuhnya pada saat fase awal penggunaan.

Modul Pelatihan iSIKHNAS

Modul 1 : Pelaporan Penyakit Rutin dan Manajemen Kasus

Training 2.png

Ini adalah modul iSIKHNAS yang pertama dan yang paling fundamental. Modul ini memperkenalkan sistem iSIKHNAS, filosofinya dan fungsi-fungsi utama sistem kepada para staf teknis di tingkat kabupaten. Modul ini berkonsentrasi pada pengembangan kemampuan dalam pelaporan kejadian penyakit rutin dan prioritas, laporan respons, pengobatan, pengiriman sampel ke lab dan laporan hasil. Modul juga menyertakan berbagai pertanyaan sistem yang berguna untuk penggunaan di lapangan.

Read more...

Modul 2 : Pelsa : Pelapor Desa

Pelsa.jpg

Modul ini digunakan ketika melatih pelapor tingkat desa, baik yang baru maupun orang yang sudah terlibat dalam pelaporan di desa pada tingkat tertentu. Modul ini memperkenalkan Pelsa mengenai sistem, filosofi iSIKHNAS serta manfaat sistem bagi masyarakat. Modul ini berkonsentrasi pada pengembangan kemampuan dalam pengenalan tanda ketidaksehatan pada hewan, membuat hubungan yang baik dengan masyarakat, dan pelaporan kejadian penyakit rutin dan prioritas. Modul ini juga menyertakan beberapa pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk digunakan di lapangan.

Read more...

Modul 3 : Investigasi Penyakit Prioritas dan Respons

Outbreak response.jpg

Modul ini diperuntukan bagi dokter hewan dan paravet senior atau yang berpengalaman yang sudah menggunakan iSIKHNAS dengan mantap. Ini memberikan alat untuk memandu staf yang bertanggung jawab untuk melakukan investigasi dan respons kejadian penyakit penting dan melaporkan tindakan dari lapangan karena mereka menggunakan pesan SMS iSIKHNAS dan pertanyaan. Kursus ini juga mencakup beberapa pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk penggunaan di lapangan.

Read more...

Modul 4 : Sertifikat Kesehatan Hewan untuk Lalu Lintas Ternak

Cow head.jpg

Modul ini diperuntukkan bagi dokter hewan, paravet, dan staf teknis lain yang terlibat dalam pemberian sertifikat kesehatan untuk lalu lintas ternak. Diasumsikan bahwa para staf ini sudah menggunakan iSIKHNAS dengan mantap. Ini memberikan alat untuk melaporkan inspeksi kesehatan dan rincian mengenai lalu lintas yang dituju dari lapangan (dengan atau tanpa dilengkapi dengan hasil uji lab) saat mereka mulai menggunakan pesan SMS iSIKHNAS dan pertanyaan. Sistem secara otomatis membuat izin lalu lintas dengan nomor unik yang siap dicetak di kantor. Kursus ini juga mencakup berbagai pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk penggunaan di lapangan.

Read more...

Modul 5 : Kegiatan Surveilans Aktif

Surveilans.jpg

Modul singkat ini adalah satu dari tiga pesan SMS modul 'Kegiatan Lapangan Khusus.' Modul ini untuk dokter hewan, paravet, dan staf teknis lain yang terlibat dalam kegiatan surveilans aktif sebagai bagian dari rencana program kabupaten atau provinsi. Diasumsikan para staf ini sudah menggunakan iSIKHNAS dengan mantap. Ini memberikan alat untuk pelaporan kegiatan dari lapangan dengan menggunakan sebuah program identifier dengan satu pesan SMS iSIKHNAS dan pertanyaan. Kursus ini juga mencakup beberapa pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk penggunaan di lapangan.

Read more...

Modul 6 : Statistik Populasi Desa

Populasi.jpg

Modul singkat ini adalah satu dari tiga pesan SMS modul 'Kegiatan Lapangan Khusus.' Modul ini diperuntukkan bagi dokter hewan, paravet, dan staf teknis lain yang terlibat dalam kegiatan surveilans aktif sebagai bagian dari rencana program kabupaten atau provinsi. Diasumsikan bahwa para staf ini sudah menggunakan iSIKHNAS dengan mantap. Ini memberikan alat laporan kegiatan dari lapangan menggunakan sebuah program identifier dengan satu pesan SMS iSIKHNAS dan pertanyaan. Kursus ini juga mencakup beberapa pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk penggunaan di lapangan. Modul ini juga digunakan oleh Pelsa yang berpengalaman dan terlatih yang mempunyai motivasi dan ingin memberikan statistik tingkat desa terbaru.

Read more...

Modul 7 : Kegiatan Vaksinasi

Vaksinasi.jpg

Modul singkat ini adalah satu dari tiga pesan SMS modul 'Kegiatan Lapangan Khusus.' Modul ini diperuntukkan bagi dokter hewan, paravet dan staf teknis lain yang terlibat dalam kegiatan surveilans aktif yang merupakan bagian dari rencana program kabupaten atau provinsi. Diasumsikan bahwa para staf ini sudah menggunakan iSIKHNAS dengan mantap. Ini memberikan alat pelaporan kegiatan dari lapangan menggunakan program identifier dengan satu pesan SMS iSIKHNAS dan pertanyaan. Kursus ini mencakup beberapa pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk penggunaan di lapangan.

Read more...

Modul 8 : Menggunakan Pesan Instan dengan iSIKHNAS

Instant Messaging.jpg

Modul singkat ini memperkenalkan Perangkat Pesan Instan kepada pengguna yang mengakses internet dengan koneksi yang baik dan mereka yang lebih memilih untuk menggunakan Perangkat Pesan Instan daripada SMS. iSIKHNAS dapat beroperasi sama baiknya dengan baik SMS maupun IM dan karena aksesibilitas ke jejaring internet meningkat perangkat ini dapat menjadi pilihan bagi banyak pengguna.

Read more...

Modul 9 : Registrasi Peternak dan Identifikasi Ternak

Farmer.jpg

Modul ini membuat staf mana pun untuk belajar bagaimana mendaftarkan setiap pemilik ternak dan ternak mereka dengan iSIKHNAS.

Read more...

Modul 10 : Manajemen Pengembangbiakan

Training 9.jpg

Modul ini adalah salah satu dari pesan pelaporan yang lebih komplek dan mencakup berbagai pesan untuk melaporkan berbagai kejadian signifikan dalam jadwal manajemen pengembangbiakan. Modul ini dapat digunakan oleh inseminator, teknis kesehatan hewan, dan paravet yang terlibat di dalam apa pun atau semua kegiatan yang berhubungan dengan pengembangbiakan. Termasuk juga fungsi-fungsi penting untuk mendaftarkan pemilik ternak dan hewannya. Kursus ini juga mencakup beberapa pertanyaan sistem yang bermanfaat untuk penggunaan di lapangan.

Read more...

Modul 11 : Pertanyaan Sistem

Handphone2.jpg

Modul ini menyertakan semua pertanyaan mengenai sistem yang dapat digunakan dari lapangan oleh anggota staf yang melaporkan secara aktif. Kursus ini dapat digunakan sebagai kursus penyegaran untuk mengurangi jumlah kesalahan atau medorong lebih lanjut penggunaan alat yang sangat bermanfaat dan mengurangi ketergantungan dari materi yang dicetak yang tidak mutahir lagi.

Read more...

Module 12 : SMS Administrasi

Handphone.jpg

Modul ini terdiri dari beberapa pesan yang berguna bagi pengguna sistem yang kompeten. Ini mencakup bagaimana menghapus pesan, registrasi pengguna baru, membuat lokasi baru, mengirim pertanyaan atau umpan balik ke administrator sistem dan mengubah nomor telepon yang teregistrasi sebelumnya.

Read more...

Modul 13 : Pelapor Rumah Potong

Abattoir4.jpg

Modul ini hanya berguna bagi staf yang bertanggung jawab untuk melaporkan rumah potong atau statistik hewan yang dipotong. Modul ini dapat digunakan untuk melatih petugas rumah potong atau petugas kesehatan hewan dalam tugas pelaporan harian yang sederhana ini.

Read more...

Modul 14 : Koordinator iSIKHNAS

Website dashboard.png

Modul komprehensif ini ditujukan bagi para koordinator baru dan sebagai bahan penyegaran untuk koordinator yang ada. Modul ini menjabarkan peran dan tanggung jawab, gambaran yang lebih besar mengenai sistem dan bagaimana kerja sistem dan pengelolaanya. Modul ini berisi pengumpulan data yang lengkap dan alat pengelolaan yang tersedia melalui iSIKHNAS juga sebagai rincian yang komprehensif mengenai bagaimana melaksanakan tugas rutin seperti regristrasi pengguna baru, manajemen lokasi dan infrastruktur, pendaftaran dan penggunaan fitur program, manajemen pelatihan, melihat sistem dan penggunaan data.

Read more...

Modul 15 : Berkontribusi ke WIKI iSIKHNAS

WIKI LOGO.png

Modul ini menjabarkan bagaimana staf tertentu memiliki izin dan dapat mengambil tanggung jawab untuk menambah, mengedit dan meningkatkan sumber Wiki iSIKHNAS yang memberikan dokumentasi yang benar untuk mendukung sistem yang sangat bermanfaat dan kompleks ini dan perlunya melakukan perbaruan secara konstan dan hati-hati untuk membuat perubahan-perubahan di dalam sistem, SOP dan petunjuk operasional.

Read more...

Modul 16 : Menggunakan data dan laporan ISIKHNAS

Map with disease.png

Modul ini bertujuan untuk membantu dalam penggunaan dan interpretasi data mentah, laporan iSIKHNAS, dan alat analisis lainnya yang tersedia di laman iSIKHNAS. Ini mencakup bantuan spesifik untuk mereka yang menggunakan data untuk tujuan khusus termasuk pengendalian penyakit, advokasi anggaran dan monitoring sistem.

Read more...

Modul 17 : Manajemen Pelatihan

Training 8.jpg

Modul ini mencakup informasi yang berhubungan dengan registrasi pengguna baru, pelatihan dan registrasi peserta serta fitur administrasi pelatihan lainnya. Termasuk juga alat yang digunakan oleh pelatih (termasuk IM, skenario dan kegiatan mendiagnosis kesalahan), rekomendasi pendekatan pelatihan untuk fasilitator dan informasi penting sehubungan dengan penggunaan 'Sidecar', laman pelatihan iSIKHNAS.

Read more...

Modul 18 : Mengunggah Spreadsheet

Excel logo.png

Modul ini mengajarkan peserta bagaimana mengunggah spreadsheet yang diformat secara khusus untuk iSIKHNAS untuk penggunaan dalam mengunggah data laboratorium yang sangat banyak, meregristrasi pengguna baru, manajemen pelatihan dan registrasi pemilik ternak dan hewan mereka.

Read more...

Modul 19 : iSIKHNAS Mobile App

App.png

Modul ini mengajarkan peserta bagaimana menggunakan iSIKHNAS Mobile App untuk membuat dan mengirim pesan SMS. Daripada mengingat-ingat atau melihat ke format pesan dan kode, App ini membuat pengguna membuat pesan menggunakan formulir dengan drop-down point dan klik antar muka.

Read more...

Modul 20 : Pertukaran data laboratorium

Autoship1256.png

Modul ini untuk staf yang ada di laboratorium yang bertanggung jawab untuk memasukkan, mengelola dan berbagi sata hasil uji. Modul ini terdiri dari instruksi yang jelas mengenai mekanisme yang tersedia untuk berbagi data dengan iSIKHNAS.

Read more...


Module 21 : Reporting for individually identified animals

Cow head.jpg

This module is still under development but soon you will be able to report disease events related to an animal which has been individually identified in the system.

Read more...


Module 22 : Changing administrative boundary data

Spatial data 14.png

This module is still under development but very soon district coordinators will be able to adjust and redefine administrative boundaries in their area whenever there are official changes to kabupaten, kecamaten and desa.

Read more...


Module 23 : Applying for enhancements and new features in iSIKHNAS

Data in.svg

Inevitably, users will want new and improved system features. iSIKHNAS has been designed to be able to respond to changing user needs and priorities. We welcome your suggestions, contributions and requests for enhancements or new features. This module will help any user to request an enhancement or a completely new feature.

Read more...


Module 24 : Involving local human health staff in iSIKHNAS

Red flag.svg

Some kabupaten are choosing to involve human health staff in iSIKHNAS where there are suspected zoonotic cases of disease. These personnel or village level health reporters can be sent alerts via SMS so that everyone can be involved in protecting the community. Coming soon, this module will help kabupaten coordinators to register and involve local level human health staff in the system.

Read more...