Staff Technical Development/id

Revisi per 27 Mei 2015 14.48; Sara (bicara | kontrib)

(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya→ (beda)
Bahasa lain:
English • ‎Bahasa Indonesia

Pengembangan Staf Teknis

Epidemiologi Lapangan

Themes256.png

Pelatihan di bidang epidemiologi lapangan dikembangkan untuk memberikan keterampilan yang dibutuhkan dokter hewan dan paravet di lapangan guna mengumpulkan data surveilans berkualitas tinggi dengan menggunakan rentang informasi yang lebih luas mengenai penyakit di dalam populasi, serta untuk mengambil keputusan pengobatan dan pencegahan yang lebih baik berdasarkan data yang dikumpulkan.

Read more...

Surveilans

Nuvola apps kview.png

Pelatihan ini dirancang bagi orang-orang yang terlibat dalam perencanaan atau pelaksanaan surveilans, atau bagi mereka yang mengambil keputusan berdasarkan hasil surveilans.

Read more...

Budget Advocacy

Sales-report256.png

Bagi staf Pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab menyiapkan permintaan anggaran, agar dapat menggunakan analisis data kesehatan hewan bersama dengan keterampilan mengenai ekonomi kesehatan hewan, guna mendukung advokasi anggaran untuk meningkatkan kesehatan hewan di Indonesia. Demi mencapai tujuan tersebut, mereka harus dapat: Memahami cara memotivasi, merencanakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan data secara persuasif Menjelaskan bagaimana indikator kinerja dapat digunakan untuk mengukur kemajuan atau pencapaian sasaran dan bagaimana data ini dapat mendukung permintaan anggaran Menggunakan data iSIKHNAS untuk memperkirakan biaya penyakit, memperkirakan manfaat dari kegiatan kesehatan hewan yang diusulkan, dan menjustifikasi permintaan anggaran yang diusulkan.

Read more...

Analisis data epidemiologi menggunakan data iSIKHNAS

Nuvola apps kchart.png

Staf kesehatan hewan tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten dengan tanggung jawab untuk penggunaan data dan analisis epidemiologi.

Read more...

{{Tujuan yang lebih luas dari pelatihan adalah untuk membantu peserta mampu membuat keputusan kebijakan kesehatan hewan berbasis bukti yang akan membantu mereka untuk meningkatkan produksi ternak dan kesehatan hewan di Indonesia. Pelatihan ini dianggap dapat memberikan pengetahuan yang memadai dan dianjurkan untuk menyelesaikan Excel (Dasar dan Lanjutan), Epidemiologi Dasar Lapangan dan program Surveillans. Pelatihan ini akan menganalisis data riil iSIKHNAS yang diberikan dalam tiga studi kasus. Selama masing-masing studi kasus, peserta akan melakukan latihan praktek untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci.|Analisis Data Epidemiologi}}

GIS untuk Kesehatan Hewan

Globe-service.png

Pelatihan akan didasarkan pada perangkat lunak GIS yang canggih, gratis, dari sumber terbuka, yaitu Quantum GIS. Pelatihan ini menggunakan materi yang sudah ada yang dikembangkan untuk pengguna QGIS baru dan memberi keterampilan pemetaan dasar kepada para peserta. Bab 16 "GIS untuk Kesehatan Hewan" secara khusus ditulis untuk pengguna GIS yang meminati pemetaan penyakit hewan. Para peserta akan mempelajari cara menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan peta distribusi penyakit yang dapat digunakan berdasarkan sumber data sederhana yang sudah ada di iSIKHNAS. Bagian kedua dari pelatihan ini akan mengembangkan keterampilan yang lebih tinggi tingkatannya dalam GIS dan manajemen data dengan menggunakan Quantum GIS, PostgreSQL, GRASS, dan alat-alat lainnya.

Read more...

Excel

Upline256.png

Pelatihan pertama kali diadakan pada Mei 2013, sebelum pengembangan iSIKHNAS. Pelatihan sedang direvisi untuk memasukkan penggunaan data yang diakses melalui iSIKHNAS.

Read more...

Investigasi Penyakit

Order-history256.png

Ini adalah pelatihan praktik bagi paravet dan staf lapangan lainnya untuk serangkaian tugas, termasuk penahanan hewan, pemeriksaan klinis, pengambilan dan penanganan sampel, serta bagaimana mencatat riwayat kasus dengan baik.

Read more...

Mengenali Tanda-Tanda Kesehatan yang Buruk

Cow 1.jpg

Pelatihan ini dirancang khusus bagi Pelsa (pelapor desa) yang berperan penting di tingkat desa untuk menyampaikan masalah kesehatan, baik yang bersifat umum maupun prioritas, melalui sistem iSIKHNAS. Pelatihan ini membantu Pelsa mengenali tanda-tanda gangguan kesehatan dan sindrom prioritas, serta mekanisme pelaporan sederhana dan manfaat yang diberikan sistem iSIKHNAS.

Read more...

Pedoman Fasilitasi

Nuvola apps edu miscellaneous.png

Ini adalah pedoman lengkap bagi semua staf yang sedang bersiap menjadi fasilitator pelatihan, memberikan presentasi, atau memberikan pelatihan apa pun. Pedoman ini memiliki banyak kiat dan saran praktis yang dapat meningkatkan presentasi atau pelatihan.

Read more...

Daftar Istilah

Nuvola apps bookcase.png

Berikut ini adalah daftar istilah penting terkait epidemiologi, kesehatan hewan, dan analisis data yang sering disebut dalam panduan pelatihan dan rujukan lain yang dikembangkan guna mendukung iSIKHNAS.

Read more...