Surveillance/id

Revisi per 3 Juni 2016 13.19; Albert (bicara | kontrib)

(beda) ←Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya→ (beda)
Bahasa lain:
English • ‎Bahasa Indonesia

Surveillance

Nuvola apps kview.png

Pelatihan ini dirancang bagi orang-orang yang terlibat dalam perencanaan atau pelaksanaan surveilans, atau bagi mereka yang mengambil keputusan berdasarkan hasil surveilans.



Materi pelatihan

Link.svg

Bacaan tambahan

Nuvola apps bookcase.png


Ikhtisar Pelatihan

Nuvola apps edu miscellaneous.png

Pelatihan ini dikembangkan sebagai bagian Program Kesehatan Hewan Kemitraan Australia Indonesia untuk Penyakit Menular yang Baru Muncul.

Tujuan utama Komponen 2.1 Program Kesehatan Hewan AIP-EID adalah untuk meningkatkan pengumpulan, manajemen, dan penggunaan informasi kesehatan hewan guna meningkatkan kapasitas untuk pencegahan dan pengendalian penyakit yang efektif.

Pelatihan dalam surveilans disusun untuk memberikan keterampilan yang dibutuhkan paravet dan dokter hewan untuk mengumpulkan data surveilans berkualitas tinggi, serta untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang terkumpul.

Pelatihan mengenai surveilans telah dikembangkan untuk pelatihan para staf dimana peran yang dimilikinya termasuk pengambilan keputusan tentang kegiatan-kegiatan surveilans, termasuk pula perencanaan dan pelaksanaannya. Mereka biasanya adalah dokter hewan, namun bisa juga (terkadang) paramedis veteriner.

Pernyataan kompetensi

Pernyataan Kompetensi

Sebuah pernyataan kompetensi adalah sebuah penjelasan tentang apa yang mungkin diharapkan untuk dapat dilakukan oleh suatu individu agar dapat berhasil dalam menjalankan tugasnya.

Peserta diharapkan dapat memahami pendekatan yang berbeda-beda terhadap surveilans penyakit hewan dan mampu menggunakan pengetahuan ini untuk berkontribusi pada surveilans yang efektif terhadap permasalahan kesehatan hewan demi hewan ternak dan pemiliknya di Indonesia.

Untuk mencapai hal ini, peserta harus mampu:

  • menjelaskan dan menggambarkan pendekatan yang berbeda-beda terhadap surveilans penyakit hewan
  • menjelaskan sistem pelaporan peternak, batasan-batasannya dan bagaimana hal tersebut dapat ditingkatkan
  • mengakses hasil-hasil iSIKHNAS untuk digunakan dalam perencanaan, pengelolaan dan analisis kegiatan-kegiatan surveilans.


Tujuan pembelajaran dan isi pelatihan

Target colour.jpg

Tujuan pembelajaran adalah terkait dengan pelatihan dan menjelaskan tentang apa yang harus dapat dilakukan oleh peserta setelah mereka menyelesaikan pelatihan tersebut. Terdapat sejumlah tujuan pembelajaran yang perlu dicapai sebelum seseorang dapat dinilai kompeten di tempat kerjanya.

Evaluasi kinerja

Peserta akan dievaluasi atas beberapa hal di bawah ini:

  • kehadiran dan partsipasi aktif dalam diskusi pada seluruh sesi.
  • Penyelesaian latihan-latihan dan pertanyaan-pertanyaan jawaban singkat baik secara individu maupun dalam kelompok seperti yang diinstruksikan dalam pelatihan.

Struktur pelatihan dan pendekatan penyampaian

Pelatihan Surveilans Dasar dirancang untuk diberikan selama 3 hari. Setiap hari dibagi ke dalam empat sesi dengan durasi 1.5 per sesinya. Pelatihan ini dirancang untuk disampaikan oleh fasilitator yang memiliki keterampilan dalam memfasilitasi pelatihan dan tidak serta merta harus memiliki keahlian teknis dalam surveilans veteriner. Fasilitator akan dibantu dengan pedoman fasilitator, video materi pelatihan dan perlengkapan pelatihan bagi peserta.

Setiap sesi (1,5 jam) akan berisi:

  • satu atau lebih video untuk memaparkan konten teknis penting (setiap video berdurasi sampai 10 menit)
  • diskusi untuk mengklarifikasi konsep-konsep penting
  • latihan-latihan untuk mempraktikkan dan menguatkan konsep
  • umpan balik dan evaluasi untuk mengkonfirmasi pemahaman
  • bacaan tambahan dan latihan-latihan.
Jadwal Pelatihan
Hari
Waktu
Sesi
Judul Sesi
Referensi Panduan
}
1
8:30 - 10:00
1
Sambutan dan Pengantar
 
 
10:00 - 10:30
Break
 
 
 
10:30 - 12:00
2
Overview of surveillance
2
 
12:00 - 1:00
Lunch
 
 
 
1:00 - 2:30
3
Tujuan Surveilans
3.1
 
2:30 - 3:00
Break
 
 
 
3:00 - 4:30
4
Pengukuran penyakit
6
2
8:30 - 10:00
5
Pendekatan surveilans: Survei-survei terstruktur
4.3, 4.4
 
10:00 - 10:30
Break
 
 
 
10:30 - 12:00
6
Pendekatan surveilans: Surveilans poin agregasi dan ternak sentinel
4.6, 4.7
 
12:00 - 1:00
Lunch
 
 
 
1:00 - 2:30
7
Pendekatan surveilans: Surveilans laboratorium, surveilans sindromik, pelaporan negatif
4.5, 4.10
 
2:30 - 3:00
Break
 
 
 
3:00 - 4:30
8
Pendekatan surveilans: Sistem pelaporan peternak (1)
4.1
3
8:30 - 10:00
9
Pendekatan surveilans: Sistem pelaporan peternak (2)
4.1
 
10:00 - 10:30
Break
 
 
 
10:30 - 12:00
10
Pendekatan surveilans: Pendekatan-pendekatan partisipatif terhadap surveilans
4.2
 
12:00 - 1:00
Lunch
 
 
 
1:00 - 2:30
11
iSIKHNAS dan perannya dalam surveilans
 
 
2:30 - 3:00
Break
 
 
 
3:00 - 4:30
12
Evaluasi, kesimpulan dan penutupan pelatihan
 

.

Bahan sumber pelatihan

Nuvola apps bookcase.png

Dokumen-dokumen sumber pelatihan Surveilans Dasar diberikan dalam bahasa Inggris dan dokumen-dokumen yang penting serta materi video akan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Paket pelatihan Surveilans Dasar training package termasuk pula hal-hal berikut ini:

Pedoman Surveilans- pelatihan ini adalah berdasarkan 2014 Pedoman Teknis Surveilans Penyakit Hewan Menular ("Pedoman Teknis Surveilans Penyakit Hewan Menular"), diberikan kepada seluruh peserta.

  • Buku Kerja Peserta - diberikan kepada seluruh peserta

Ini berisi konsep-konsep utama, kegiatan-kegiatan spesifik untuk pelatihan, latihan-latihan dan petunjuk-petunjuk hafalan.

  • Panduan Fasilitator - memaparkan informasi pelatihan dasar dan uraian garis besar setiap sesi berisi tujuan dan langkah pembelajaran setiap sesi.
  • Presentasi Powerpoint dengan catatan pembicara (teknis)- digunakan di dalam tim proyek untuk produksi video
  • Presentasi Powerpoint dengan catatan pembicara (fasilitator) - digunakan oleh para fasilitator untuk memaparkan kursus pelatihan
  • Materi pelatihan berbasis video - diberikan kepada seluruh fasilitator dan tersedia secara daring atau sebagai berkas elektronik kepada seluruh peserta

Materi video akan memaparkan setiap konsep penting dalam pelatihan dengan menggunakan gabungan antara aktor dan staf berbicara di hadapan kamera.

  • Dokumen-dokumen administrasi - diberikan kepada seluruh fasilitator

Dokumen-dokumen ini termasuk: informasi paket pelatihan fasilitator, informasi pra-pelatihan peserta, daftar periksa persiapan kursus pelatihan, daftar hadir, template sertifikat, dan dibutuhkan agar penyelenggaraan pelatihan berjalan secara efektif.

  • Formulir-formulir evaluasi - diberikan kepada seluruh fasilitator dan peserta

Formulir-formulir evaluasi digunakan untuk dua tujuan: evaluasi terhadap kinerja peserta dan untuk mengumpulkan umpan balik dari peserta dan fasilitator.

  • Dukungan daring - sebuah situs akan dikembangkan untuk proyek ini guna memungkinkan tersedianya materi pelatihan pada daring. Bahan pengajaran, video dan sumber-sumber pembelajaran tambahan akan disediakan melalui situs ini. Sumber-sumber dan kapasitas daring tambahan akan dikembangkan tergantung pada ketersediaan dan aksesabilitas internet dan mungkin akan membutuhkan pendaftaran peserta, evaluasi kursus dan peralatan penilaian peserta.