Manuals:Village Reporters/id

Halaman ini adalah sebuah versi terjemahan dari halaman Manuals:Village Reporters dan terjemahannya telah selesai 100% dari sumber terkini.

Bahasa lain:
English • ‎Bahasa Indonesia

Pedoman Pengguna untuk Pelapor Desa (Pelsa)

Peran Pelsa

Anda terpilih sebagai pelapor desa (pelsa) dan ikut serta meningkatkan kesehatan ternak di daerah Anda, dengan memastikan agar masalah kesehatan segera dilaporkan dan membantu staf dokter hewan untuk merespons secara efektif.

Pelsa memainkan peran yang sangat penting dalam sistem kesehatan hewan di Indonesia. Anda adalah orang yang paling dekat dengan komunitas, juga dengan ternak dan para pemiliknya. Anda adalah titik bantuan pertama bagi komunitas Anda dan garis pertahanan pertama dalam melindungi komunitas Anda.

Anda menjadi penghubung yang sangat dibutuhkan antara peternak dengan layanan kedokteran hewan, dan memudahkan paravet untuk merespons secara efisien.

Peran dan Tanggung Jawab

Pelsa harus dapat;

  • Mengenali tanda-tanda penyakit pada hewan: Anda harus dapat mengenali jika hewan memperlihatkan tanda-tanda yang mungkin menunjukkan bahwa hewan sedang sakit, dan dapat menggunakan istilah standar serta kode terkait untuk menggambarkan berbagai tanda dan sindrom tersebut.
  • Melaporkan tanda-tanda penyakit hewan: Pelsa mengirimkan laporan kasus hewan sakit ke layanan kedokteran hewan melalui kiriman SMS khusus yang pendek dan berisi kode. Hal ini segera memicu pemberitahuan kepada staf Dinas setempat yang bertanggung jawab atas daerah bersangkutan bahwa ada hewan di desa Pelsa tersebut yang mungkin memperlihatkan tanda-tanda penyakit. Dokter hewan atau paravet dari Dinas setempat selanjutnya dapat merespons pemberitahuan tersebut dengan menelepon Pelsa untuk bertanya lebih lanjut dan menentukan apakah desa tersebut perlu dikunjungi atau cara pengobatan dapat disampaikan melalui telepon.
  • Menjadi penghubung tepercaya ke layanan kedokteran hewan: Beberapa warga desa mungkin segan atau tidak nyaman untuk langsung menghubungi staf layanan kedokteran hewan dari Dinas. Namun, karena Pelsa juga adalah anggota komunitasnya sendiri yang tepercaya, para warga desa akan lebih nyaman menyampaikan masalahnya kepada Anda. Ini mungkin berarti jauh lebih banyak kasus penyakit akan dilaporkan di desa yang memiliki Pelsa, dibandingkan desa tanpa Pelsa. Tentu saja, ini tidak berarti bahwa desa dengan Pelsa mengalami lebih banyak penyakit, hanya kasus yang dilaporkan saja yang lebih banyak. Seiring semakin dikenal dan dihargainya Pelsa oleh komunitas atas upayanya, akan ada semakin banyak orang yang menginginkan layanan Anda. Ini akan memastikan bahwa kaitan antara komunitas dengan layanan kedokteran hewan tetap kuat dan efektif.
  • Menjadi sumber informasi bagi komunitas: Sebagai kontak setempat bagi desa Anda, Anda dapat menyampaikan informasi dari Dinas setempat kepada komunitas. Ini mungkin termasuk pemberitahuan kasus penyakit hewan atau wabah di daerah Anda, atau perincian tentang program vaksinasi yang akan datang. Anda juga dapat berpartisipasi atau membantu dalam kegiatan yang berkaitan dengan program vaksinasi atau surveilans, menjaga agar data populasi terus diperbarui, dan melaporkan perkembangan berbagai kasus, termasuk apakah hewan sudah sembuh dari masalah tertentu yang sempat dilaporkan.

Laporan dari lapangan ke iSIKHNAS

Anda mungkin mendengar tentang masalah kesehatan pada populasi hewan di daerah Anda lewat berbagai cara. Mungkin ada peternak yang langsung menghubungi Anda, mungkin Anda mendengarnya melalui orang lain di desa, atau Pelsa menemukan sendiri masalahnya saat berkeliling di desa atau selama kegiatan normal sehari-hari. Begitu mendengar tentang kasus baru, Anda sebaiknya berusaha segera mengunjungi si peternak dan hewannya, jika mungkin. Mengobrollah dengan si peternak dan tanyakan mengenai 'riwayat' masalahnya - kapan ia memperhatikannya pertama kali, apakah masalahnya memburuk, apakah hewan lain juga terkena, dll. Detail ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan staf Dinas setelah Anda melaporkan masalah tersebut. Perhatikan hewan tersebut baik-baik dan ingatlah kembali pelatihan Anda.

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah melaporkan masalahnya. Anda harus menentukan apakah masalah tersebut termasuk masalah 'Tanda Umum' atau 'Sindrom Prioritas'. Jika Anda merasa kasusnya memenuhi salah satu deskripsi Sindrom Prioritas, kirimkan SMS dengan menggunakan format pesan P. Jika tidak, kirimkan pesan SMS ke iSIKHNAS dengan menggunakan format pesan U dan sampaikan tanda-tanda utama yang Anda lihat.

Laporan Tanda Umum

U [tanda,tanda...] [spesies] [jumlah hewan] {lokasi} 

Laporan Sindrom Prioritas

P [sindrom] [spesies] [jumlah hewan] {lokasi} 

Jangan lupa bahwa informasi yang Anda kirimkan dalam setiap laporan baru digunakan dalam dua cara untuk dua tujuan berbeda.

  1. untuk memberi tahu layanan kedokteran hewan di daerah Anda bahwa ada masalah kesehatan hewan
  2. untuk ditambahkan ke data nasional mengenai semua penyakit hewan. Para pengambil keputusan memerlukan data ini guna membantu semua peternak di daerah Anda untuk meningkatkan kesehatan semua ternak.

Format pelaporan SMS Pelsa

Lembar referensi Pelsa (untuk dilihat atau diunduh)

Laporan Tanda Umum

U [tanda,tanda...] [spesies] [jumlah hewan] {lokasi} 
  • Gunakan CKT [nama tanda] untuk mencari tahu kode berbagai tanda umum.
  • Gunakan Kode SP untuk mencari tahu kode berbagai spesies.
  • Gunakan CKL [nama lokasi] untuk mencari tahu kode lokasi suatu desa.


Laporan U memungkinkan Anda untuk melaporkan tanda-tanda penyakit individual yang terlihat pada hewan. Anda mungkin melihat beberapa tanda dan Anda harus melaporkan tanda-tanda yang paling penting. Anda dapat melaporkan beberapa tanda sekaligus. Jangan lupa untuk memisahkannya dengan koma.

Pelsa akan diberi pelatihan mengenai cara mencari dan mengenali daftar sejumlah tanda yang umum dan mudah teramati. Setiap tanda dalam daftar tersebut sudah diberi kode yang memudahkan pelaporan.

Gunakan daftar ini untuk melaporkan tanda-tanda yang Anda lihat dengan seakurat mungkin. Ingat, informasi ini penting dan berguna, jadi usahakan sebisa mungkin agar akurat. Jangan malas dan menggunakan "Tanda Lain"!

Saat Anda mendaftar sebagai Pelsa, lokasi Anda juga didaftarkan. Semua pesan Anda akan mencakup detail lokasi Anda secara otomatis sehingga Pelsa umumnya tidak perlu melaporkan lokasinya. Bagian {lokasi} pada format pesan merupakan bagian opsional dan hanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki daerah tanggung jawab lebih luas daripada satu desa tertentu.

Jangan lupa bahwa informasi yang Anda kirimkan dalam setiap laporan baru digunakan dalam dua cara untuk dua tujuan berbeda.

  1. untuk memberi tahu layanan kedokteran hewan di daerah Anda bahwa ada masalah kesehatan hewan
  2. untuk ditambahkan ke data nasional mengenai semua penyakit hewan. Para pengambil keputusan memerlukan data ini guna membantu semua peternak di daerah Anda untuk meningkatkan kesehatan semua ternak.

Meskipun penting, laporan Tanda Umum penyakit berpeluang jauh lebih kecil untuk menjadi penyakit yang signifikan bagi keseluruhan komunitas. Staf kedokteran hewan akan merespons pesan-pesan tersebut sesegera mungkin. Staf kemungkinan akan menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi lebih terperinci dan memberikan saran untuk pengobatan. Kadang-kadang, mereka juga akan mengunjungi hewan untuk investigasi lebih lanjut. Pesan P yang diterima sistem iSIKHNAS akan direspons lebih cepat oleh layanan kedokteran hewan karena laporan tersebut mungkin adalah penyakit yang bisa berbahaya bagi manusia, atau yang dapat menyebar dengan cepat, atau JIKA sampai masuk Indonesia bisa menimbulkan bencana ekonomi bagi negara. Sebagian besar laporan P pasti akan dikunjungi oleh staf kedokteran hewan.

Daftar tanda-tanda umum untuk laporan U (Tanda Umum)

Code Sign
TL tanda lain
PA   Kelainan perilaku
GG     gila galak
LP     lumpuh
LMH     Lemah
MN     Mata bernanah
MPC     Mata peka cahaya
RDT     Radang Telinga
AL     Liur berlebihan
KRM     Keropeng mulut
MTH     Muntah
MC     mencret
GT     gatal
LB     luka berdarah
PC     pincang
SB     sendi bengkak
LK     luka pada kaki
BT     batuk
HB     hidung beringus
PR     prolaps rahim
KG     keguguran
DK     kesulitan lahir
KP     Kematian Pedet
KLP     Kelainan Pedet
AES     anestrus
KBR     Kawin Berulang
BRT     Berahi tenang
MT     mati mendadak
SM     sakit akut
PK     peningkatan kematian
DM       demam
RB         rahang bawah bengkak
BP         busung papan pada dada


Laporan Sindrom Prioritas

P [sindrom] [spesies] [jumlah hewan] {lokasi}
  • Gunakan Kode SIN untuk mencari tahu kode berbagai sindrom
  • Gunakan Kode SP untuk mencari tahu kode berbagai spesies.
  • Gunakan CKL [nama lokasi] untuk mencari tahu kode lokasi suatu desa.


Pesan P tidak menggunakan kode Tanda Umum. Pesan P hanya menggunakan kode 3 huruf untuk Sindrom Prioritas yang mewakili deskripsi sindrom yang terlihat mirip dengan penyakit penting atau prioritas. Sindrom digunakan untuk menjelaskan sekumpulan tanda-tanda khusus yang jika terlihat secara bersamaan pada spesies tertentu, dapat berarti salah satu dari penyakit penting tersebut. Anda tidak sedang diminta untuk mendiagnosis sebuah kasus, tetapi hanya untuk waspada terhadap kemungkinan adanya keberadaan penyakit prioritas tersebut di daerah Anda setiap kali melihat ada hewan yang sakit. Lebih baik waspada dan terus siaga guna melindungi komunitas Anda dari konsekuensi wabah serius yang bisa jadi dapat dicegah sejak dini.

Pesan P yang diterima sistem iSIKHNAS akan direspons lebih cepat oleh layanan kedokteran hewan karena laporan tersebut mungkin adalah penyakit yang bisa berbahaya bagi manusia, atau yang dapat menyebar dengan cepat, atau JIKA sampai masuk Indonesia bisa menimbulkan bencana ekonomi bagi negara. Sebagian besar laporan P pasti akan dikunjungi oleh staf kedokteran hewan. Tentu saja, laporan Tanda Umum juga sangat penting, tetapi berpeluang jauh lebih kecil untuk menjadi penyakit yang signifikan bagi keseluruhan komunitas. Staf kedokteran hewan akan merespons pesan-pesan tersebut sesegera mungkin. Staf kemungkinan akan menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi lebih terperinci dan memberikan saran untuk pengobatan. Kadang-kadang, mereka juga akan mengunjungi hewan untuk investigasi lebih lanjut.

Jangan lupa, saat Anda mendaftar sebagai Pelsa, lokasi Anda juga didaftarkan. Semua pesan Anda akan mencakup detail lokasi Anda secara otomatis sehingga Pelsa umumnya tidak perlu melaporkan lokasinya. Bagian {lokasi} pada format pesan merupakan bagian opsional dan hanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki daerah tanggung jawab lebih luas daripada satu desa tertentu.

Daftar kode Sindrom Prioritas untuk laporan P (Sindrom Prioritas)

Kode Nama Description Spesies
DMB Demam pada babi Demam tinggi, konjungtivitas dan peningkatan kematian pada babi babi
GGA Gila galak Perubahan tingkah laku menjadi lebih agresif atau depresif,dan hipersalivasi anjing, kucing, kuda, Ruminan, Primate, musang
KGS Keguguran atau sendi membengkak Keguguran pada trimester ke 3 atau sendi membengkak Ruminan
MMU Mati meningkat pada unggas Kematian meningkat pada ayam kampung dan unggas lain.

Burung:kematian mendadak dalam waktu 2 hari dengan atau tanpa gejala klinis layer:kematian diatas 1% dalam waktu 2 hari berturut-turut.

ayam, itik, puyuh, entog, belibis, angsa, kalkun
MTD Mati mendadak Kematian mendadak dan keluar darah pada lubang kumlah Ruminan, babi, kuda
PLB Penyakit luar biasa Penyakit yang sangat menular (cepat menyebar) norbiditas mortalitas tinggi tanda-tanda penyakit yang tidak biasa zoonosis Ruminan, Burung, Monogastric
PLL Pincang, air liur dan lepuh Pincang, air liur berlebihan, dan lepuh pada mulut / kaki / puting Ruminan, babi


Laporan mingguan: Tidak ada sindrom prioritas lainnya yang terlihat

PNEG 

Beberapa Sindrom Prioritas cukup jarang ditemui di sebagian besar wilayah Indonesia sehingga Anda kemungkinan tidak akan sering-sering mengirimkan laporan P. Setiap minggu, masing-masing Pelsa harus mengirimkan pesan ke iSIKHNAS untuk mengkonfirmasikan bahwa tidak terlihat Sindrom Prioritas apa pun di daerahnya. Pesan PNEG sederhana yang dikirim ke sistem setiap minggu ini memberi tahu kita bahwa;

  • Anda sudah waspada dan siaga mencari Sindrom Prioritas
  • Anda belum melihat Sindrom Prioritas apa pun, atau jika Anda sudah melaporkan satu Sindrom Prioritas pada minggu tersebut, ini artinya Anda tidak melihat ada lagi sindrom lainnya, selain daripada yang sudah dilaporkan.

Laporan PNEG jauh lebih berguna bagi sistem daripada sekadar berasumsi bahwa jika kita tidak menerima laporan P, berarti tidak ada penyakit. Tidak ada laporan belum tentu berarti tidak ada penyakit.... itu artinya hanya tidak ada yang memberi laporan. Laporan PNEG pada intinya mengatakan "Saya sudah mencari-cari tetapi belum menemukan Sindrom Prioritas apa pun". Ini adalah pesan keyakinan yang sangat berarti bagi staf kedokteran hewan kami, para pengambil keputusan, mitra perdagangan, dan pihak-pihak lainnya di komunitas internasional.

Jadi, satu kali setiap minggu, misalnya pada Jumat siang, Anda perlu mengirimkan ke iSIKHNAS pesan PNEG sederhana dari ponsel Anda. Sistem akan mengingatkan Anda jika lupa - karena PNEG memang sangat penting bagi kita!!

Pesan Permintaan Informasi

Anda akan diberi panduan saku berisi pesan-pesan yang perlu Anda diperlukan untuk melaporkan penyakit. Panduan tersebut akan membantu Anda selagi membiasakan diri menggunakan sistem. Jika panduan tersebut hilang, jangan panik!! karena sistem dapat membantu Anda mengirimkan pesan dan menggunakan kode yang benar.

Daftar semua kode sistem

KODE {code type}

Berikut jawaban yang akan Anda terima dari sistem

isikhnas: Format: KODE {jenis kode}. Jenis kode: SP (spesies), RP (rumah potong), JHRP (jenis hewan RPH), 
POP (jenis hewan populasi), TAN (tanda), AH (akhir hewan), JP (jenis pengguna), PK (perkembangan kasus), 
SL (seksi lab), BS (bentuk spesimen), SIN(sindrom prioritas)

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan Jenis Kode untuk mencari tahu daftar kode untuk spesies (SP), tanda (TAN), atau sindrom prioritas (SIN).

Daftar kode spesies

KODE SP

Sistem akan merespons dengan pesan berikut.

isikhnas: AY ayam; IT itik; EG entog; MP merpati; PY puyuh; SP sapi; KR kerbau; KB kambing; DB domba; KD kuda; 
KL kelinci; AJ anjing; AG angsa; UL unggas lain; KC kucing; BB babi; MY monyet; RUS Rusa; SI simian; KK kalkun; 
BLB belibis; ON onta; OU orang utan; UD udang; SIP siput; NYA nyamuk; LEB lebah

Daftar kode sindrom

KODE SIN

Sistem akan merespons dengan pesan berikut.

isikhnas: Keguguran atau sendi membengkak KGS; Penyakit luar biasa PLB; Demam pada babi DMB; 
Pincang, air liur dan lepuh PLL; Mati mendadak MTD; Gila galak GGA; Mati meningkat pada unggas MMU

Daftar kode tanda

KODE TAN
pelatihan.isikhnas: KP Kematian Pedet; KLP Kelainan Pedet; MTH Muntah; KBR Kawin Berulang; AES anestrus; TL tanda lain; LP lumpuh; 
PA Kelainan perilaku; GG gila galak; AL liur berlebihan; MC mencret; GT gatal; LB luka berdarah; PC pincang; SB sendi bengkak; 
LK luka pada kaki; BT batuk; HB hidung beringus; PR prolaps rahim; KG keguguran; DK kesulitan lahir; MT mati mendadak; SM sakit akut; 
PK peningkatan kematian; DM demam; RB rahang bawah bengkak; BP busung papan pada dada; BRT Berahi tenang

Daftar tanda ini cukup panjang, sehingga jika Anda sudah punya gambaran tanda yang ingin dicari kodenya, Anda dapat menggunakan sistem untuk mencari kode tanda tersebut dengan menggunakan CKT - Mencari kode tanda.

Mencari kode tanda

CKT [sign]

Anda dapat menggunakan 4 atau 5 huruf pertama dari tanda yang ingin dicari kodenya. Misalnya, Anda lupa kode untuk Lumpuh, jadi Anda mengirim;

CKT lump

Sistem akan membalas dengan daftar tanda yang paling dekat dengan 'lump';

isikhnas: lumpuh LP; luka penis LPE; luka berdarah LB; liar LI; luka pada kaki LK

Pesan permintaan informasi ke sistem akan sangat berguna bagi Anda.... tak lama lagi, Anda bahkan tidak perlu lagi panduan saku!

Pertanyaan teks bebas ke sistem

Dari waktu ke waktu, Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan mengenai beberapa aspek peran Anda dalam sistem atau memberikan saran mengenai perbaikan. Anda dapat mengirimkan pesan dalam bentuk teks bebas ke iSIKHNAS dan staf kedokteran hewan akan berupaya menjawab pertanyaan Anda. Cukup awali pertanyaan Anda dengan kode Q...

Pertanyaan teks bebas

Q [question]

Sistem akan mengirimi Anda respons otomatis sebagai konfirmasi telah menerima pesan Anda.

isikhnas: Terima kasih. Pertanyaan Anda telah dikirim ke koordinator iSIKHNAS.

Komentar Anda akan dicatat atau salah seorang staf akan menghubungi Anda jika ia dapat membantu menjawab pertanyaan.

Jika terjadi kesalahan...

Jika Anda mengirim pesan ke iSIKHNAS yang ternyata salah, Anda dapat menghapus pesan tersebut dengan menggunakan format pesan H.

Untuk menghapus pesan terakhir yang Anda kirimkan, cukup kirim pesan H ke iSIKHNAS.

Untuk menghapus laporan Tanda Umum yang terakhir Anda kirimkan, silakan mengirim

H u

atau, untuk menghapus laporan Sindrom Prioritas yang terakhir Anda kirimkan, silakan mengirim

H p

Jika ada pertanyaan mengenai data yang tidak benar ATAU kesalahan dalam pesan, silakan hubungi koordinator Anda. Koordinator dapat membantu Anda dan melakukan perbaikan yang diperlukan di iSIKHNAS.

Hal-hal penting untuk diingat mengenai iSIKHNAS

  • Saat Anda mendaftar untuk menggunakan sistem, Anda akan terdaftar dengan nomor ponsel unik Anda. Setiap laporan yang Anda kirimkan harus dikirim dari nomor ponsel yang ini. Sistem mengenali siapa Anda melalui nomor ponsel yang mengirim SMS ke sistem. Segera hubungi koordinator jika kehilangan ponsel atau perlu mengganti nomor ponsel Anda.
  • Saat Anda mendaftar untuk menggunakan sistem, lokasi Anda juga akan terdaftar. Setiap laporan yang Anda kirimkan akan diasumsikan bahwa Anda melaporkan mengenai peristiwa di lokasi tersebut. Anda harus memasukan kode lokasi yang berbeda dalam laporan jika Anda melaporkan dari lokasi yang berbeda dengan lokasi normal Anda yang terdaftar. Koordinator Anda akan membantu jika Anda memiliki daerah tanggung jawab yang lebih luas daripada satu desa tertentu. Kebanyakan Pelsa tidak akan perlu menggunakan bagian {lokasi} opsional dari pesan U dan P.
  • Setiap potongan informasi dalam pesan harus dipisahkan oleh spasi, kecuali pada pesan Tanda Umum (U) yang dapat menerima lebih dari satu tanda. Anda harus memisahkan setiap tanda dengan koma.
  • Anda dapat menggunakan HURUF BESAR atau huruf kecil dalam pesan.
  • Jika mengirimkan pesan, Anda PASTI akan menerima respons yang mengkonfirmasi bahwa pesan telah diterima dan ditafsirkan dengan besar, atau respons yang memberi tahu Anda mengenai kesalahan dalam pesan. Bacalah respons dari iSIKHNAS untuk memeriksa bahwa data yang Anda masukkan sudah benar.
  • Laporan P dan U menerima respons dari sistem yang mencakup nomor ID Kasus. Nomor ini unik untuk setiap kasus di daerah Anda dan digunakan sistem dengan berbagai cara untuk menyatukan jenis-jenis informasi yang berbeda mengenai kasus yang sama.
  • Jika Anda tidak menerima respons dalam 5 menit, kemungkinan ada masalah. Bisa jadi jaringan seluler sedang terganggu, sistem iSIKHNAS mungkin rusak, atau ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik. Tunggulah 5 menit dan cobalah mengirim lagi pesannya. Jika masalah terus berlanjut, hubungi koordinator iSIKHNAS setempat.

Contoh pesan

Berikut contoh pesan U yang benar dan respons dari sistem.

Laporan Tanda Umum

U [tanda,tanda...] [spesies] [jumlah hewan] {lokasi}
U BT, HB sp 2
iSIKHNAS: [ID Kasus 4567] Anda melaporkan batuk dan hidung beringus pada 2 sapi di (daerah Anda).

Laporan Tanda Umum: kesalahan umum

Berikut beberapa contoh laporan U dari Pelsa yang tidak benar dan direspons dengan pesan kesalahan dari iSIKHNAS. Masing-masing pesan hanya mengandung satu kesalahan. Dapatkah Anda menemukan kesalahannya?

Ubthbsp2
U bt,hb sapi 2
U mtd sp 2
u bt,hb sp 2 tasikmalaya
u bt hb sp 2

Jawaban:

  • Ubthbsp2: tidak ada spasi atau koma pada pesan ini. Komputer tidak dapat menafsirkan pesannya.
  • U bt,hb sapi 2: Harus menggunakan kode untuk spesies tersebut "sp", BUKAN seluruh kata "sapi".
  • U mtd sp 2: mtd adalah kode Sindrom Prioritas dan karena itu tidak dapat digunakan dalam pesan U
  • u bt,hb sp 2 tasikmalaya: lokasi harus dilaporkan dengan menggunakan kode lokasi iSIKHNAS yang benar, bukan dengan kata-kata. Koordinator Anda akan memberikan kode lokasi yang benar jika Anda memerlukannya.
  • u bt hb sp 2: harus ada koma di antara kode untuk tanda-tanda tersebut

Laporan Sindrom Prioritas

Berikut contoh pesan P yang benar dan respons dari sistem.

P [sindrom] [spesies] [jumlah hewan] {lokasi} 
P mtd kr 1
iSIKHNAS: [ID Kasus 6789] Anda melaporkan kematian mendadak pada 1 kerbau di (daerah Anda).

Laporan Sindrom Prioritas: kesalahan umum

Berikut beberapa contoh laporan P dari Pelsa yang tidak benar dan direspons dengan pesan kesalahan dari iSIKHNAS. Masing-masing pesan hanya mengandung satu kesalahan. Dapatkah Anda menemukan kesalahannya?

P mtd, pll sp 1
P sin sp 1
p dmb sp 1
p mth kb 1

Jawaban:

  • P mtd, pll sp 1: Anda hanya dapat melaporkan satu sindrom dalam laporan P
  • P sin sp 1: SIN bukanlah sindrom prioritas. SIN adalah Jenis Kode untuk Sindrom Prioritas, misalnya, Anda dapat menggunakan KODE SIN untuk mencari tahu daftar kode sindrom prioritas.
  • p dmb sp 1: DMB tidak dapat digunakan pada spesies selain babi (babi: bb)
  • p mth kb 1: MTH bukanlah sindrom prioritas dan hanya merupakan tanda (muntah). Tanda tidak dapat digunakan dalam pesan P.

PNEG: Tidak ditemukan Sindrom Prioritas

Pesan PNEG sederhana saja. Anda dapat menggunakan huruf besar atau huruf kecil, bisa pneg, atau Pneg, atau PNEG atau pNeg dll. Tidak perlu menambah kode-kode lain lagi

PNEG

Laporan PNEG: kesalahan umum

Berikut beberapa contoh laporan PNEG dari Pelsa yang tidak benar dan direspons dengan pesan kesalahan dari iSIKHNAS. Masing-masing pesan hanya mengandung satu kesalahan. Dapatkah Anda menemukan kesalahannya?

pNEG tidak ada
Pneg terima kasih
pneg sin
pNeg mdb gga mtd pll

Jawaban:

  • pNEG tidak ada: pNEG tidak boleh berisi kata atau huruf yang lain. PNEG berarti prioritas negatif, atau tidak ada Sindrom Prioritas.
  • Pneg terima kasih: Pneg tidak boleh berisi kata atau huruf yang lain dalam pesannya.
  • pneg sin: pneg tidak boleh berisi kata atau huruf yang lain dalam pesannya.
  • pneg mdb gga mtd pll: pneg tidak memerlukan tambahan kode sindrom. Sistem sudah tahu sindrom mana yang Anda laporkan dan yang tidak dilaporkan.