District coordinators - in more detail/id

Revision as of 13:44, 19 September 2014 by Yusatya (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Other languages:
English • ‎Bahasa Indonesia

Contents

Peran Koordinator Kabupaten/Kota: Memahami Lebih Dalam

Kepemimpinan

Bertindak sebagai perwakilan, sumber informasi, dan juru bicara sistem di tingkat kabupaten/kota.

  • Anda patut bangga dengan peran dan keterlibatan anda dalam penerapan salah satu sistem informasi kesehatan hewan terbaik di dunia. Anda adalah tenaga ahli di tingkat lokal yang paling memenuhi syarat untuk menyampaikan cara kerja, manfaat, dan peningkatan kinerja yang ditawarkan oleh sistem ini untuk membantu staf anda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Citra yang anda tampilkan akan membantu staf anda ikut merasa bangga menjadi pengguna sistem yang aktif.
  • Sistem ini hanya akan menjadi kuat apabila didukung sepenuhnya oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya, informasi yang mereka sediakan, dan manfaat yang dapat diberikan kepada semua penggunanya.
  • Penting artinya untuk selalu memiliki pemahaman terkini mengenai sistem ini dalam konteks kemasyarakatan yang lebih luas; disamping mampu menyampaikan pengetahuan mengenai keamanan dan kepemilikan data, kelebihan sistem, serta meyakinkan berbagai kalangan mengenai privasi data.
  • Penting pula untuk senantiasa memiliki informasi terbaru mengenai perkembangan fitur dan standar operasional terkini; informasi ini perlu disampaikan kepada staf anda secara tepat waktu, dengan disertai pemberian kepastian dan bantuan, pada saat beradaptasi dengan fitur dan standar operasional baru.

Menjaga filosofi dan prinsip-prinsip dasar pembuatan iSIKHNAS.

  • Anda perlu memahami dan membiasakan diri dengan filosofi dan prinsip-prinsip dasar pembuatan iSIKHNAS.
  • Ingatlah:
    • Mereka yang terlibat dalam pelaporan data perlu mendapatkan penghargaan atas kontribusinya kepada sistem.
    • Keterlibatan dalam iSIKHNAS harus dapat meningkatkan, mendukung, dan mempermudah kinerja mereka yang menyediakan laporan dan bekerja melalui sistem ini.
    • Sistem ini tidak boleh membebani pekerjaan sehari-hari penggunanya, tetapi sebaliknya memberikan manfaat yang nyata dan segera untuk pekerjaan mereka.
    • Sistem ini harus dapat memberikan lebih banyak keuntungan sehingga semua pengguna dapat memperoleh manfaatnya.
    • Memberikan pelayanan kepada semua penggunanya kapan saja dibutuhkan; pelayanan ini harus dapat merespon kebutuhan pengguna yang berubah-ubah.
  • Jadi, berdasarkan hal-hal tersebut:
    • Pengguna harus selalu mendapatkan dorongan, penghargaan, dan rasa terima kasih; jangan pernah menegur atau membuat mereka merasa dihukum. Kekeliruan dan kesalahpahaman biasanya lebih disebabkan oleh kurangnya pelatihan ketimbang ketidakmampuan.
    • Koordinator perlu memperhatikan dengan seksama bagaimana stafnya merespon serta bereaksi terhadap penggunaan iSIKHNAS, dan apakah mereka dapat memberikan saran untuk meningkatkan sistem ini.

Memastikan pengguna dapat menghubungi dan merujuk kepada anda dengan mudah dan bebas.

  • Koordinator perlu memastikan staf dapat menghubungi dirinya dengan mudah untuk menyampaikan pertanyaan, saran atau permasalahan. Anda perlu memastikan bahwa staf mengetahui dan dapat menghubungi nomor telepon genggam anda.
  • Pastikan agar staf anda dapat meninggalkan pesan melalui telepon apabila anda tidak dapat dihubungi. Hubungi kembali secepatnya.
  • Jika anda sulit untuk dihubungi atau bersikap tidak ramah dan enggan membantu, maka staf anda akan berhenti berusaha menghubungi anda sehingga kepercayaan dan keyakinan mereka kepada anda akan hilang. Hal ini akan berdampak negatif terhadap moral staf anda serta kemauan mereka untuk bekerja sebagai tim maupun tingkat motivasinya.

Berbagi peran koordinasi dengan satu atau lebih staf lain.

  • Memiliki setidaknya dua orang koordinator di setiap kabupaten/kota merupakan ide yang baik - dua orang staf senior yang dapat berperan sebagai koordinator. Dengan demikian, dapat dilakukan pembagian tanggung jawab ketika beban pekerjaan tinggi dan memungkinkan salah satu koordinator untuk tidak hadir ketika sakit, cuti, mengikuti pelatihan atau menghadiri rapat.
  • Koordinator perlu memantau sistem secara terus menerus dan merespon kesalahan maupun permasalahan administrasi sistem yang muncul. Koordinator juga perlu mengamati data kesehatan hewan yang diterima - memantau laporan prioritas, investigasi penyakit, dan potensi permasalahan lainnya. Tanggung jawab ini dapat memakan banyak waktu sehingga lebih baik jika dilakukan pembagian kerja dengan setidaknya satu orang staf lain agar koordinasi pelayanan tetap konsisten, komprehensif, dan responsif.
  • Karena besarnya tanggung jawab yang dimiliki koordinator, akan lebih baik jika staf yang menjadi koordinator dapat mengambil giliran 'bertugas' pada akhir minggu atau di malam hari secara bergantian.

Merespon permintaan laporan data terbaru atau saran untuk membuat perubahan.

  • Buatlah agar sistem ini bekerja untuk anda dan kabupaten/kota di mana anda bertugas. Permintaan perubahan, saran untuk peningkatan maupun permasalahan yang muncul di lapangan perlu ditangani dengan cepat serta dikomunikasikan dengan provinsi/regional dan Champions. Sistem ini fleksibel dan dapat merespon kebutuhan di tingkat kabupaten/kota, namun ini hanya dapat berjalan jika Champions mengetahui adanya kebutuhan perubahan, permintaan laporan baru atau permasalahan yang perlu diatasi.
  • Peran anda sebagai seorang koordinator adalah mendengarkan staf anda, merespon kebutuhan mereka, dan berupaya meningkatkan sistem ini berdasarkan masukan dari mereka. Staf anda akan menghargai upaya tersebut dan anda akan memperoleh rasa hormat yang lebih besar.

Administrasi dan Pengembangan Pengguna

Mendaftarkan pengguna baru dari Pelsa dan Dinas dengan benar.

  • Salah satu tanggung jawab utama dari koordinator kabupaten/kota adalah mendaftarkan pengguna baru ke dalam sistem. Setelah selesai, data pengguna yang didaftarkan akan menjadi dasar penyediaan berbagai fitur yang dibuat khusus untuk pengguna melalui sistem iSIKHNAS. Sebagai contoh, nama pengguna akan ditampilkan pada laporan penyakit resmi sehingga harus berupa nama lengkap dengan ejaan yang benar. Lokasi tempat kerja sehari-hari pengguna yang didaftarkan beserta tanggung jawab daerahnya juga merupakan informasi penting yang menentukan alur informasi dan peringatan. Nomor telepon genggam pengguna merupakan data yang paling penting - setiap pengguna diidentifikasi berdasarkan nomor telepon genggam yang unik.

Merekrut dan melatih pengguna baru dari Pelsa dan Dinas dalam berbagai aspek sistem yang relevan.

  • Koordinator memiliki tanggung jawab utama dalam pelatihan staf yang berkelanjutan serta rekrutmen dan pemeliharaan jaringan Pelsa yang kuat.
  • Materi yang ekstensif telah disiapkan untuk membantu anda dalam memberikan pelatihan pengenalan tanda-tanda penyakit dan pelaporan iSIKHNAS kepada Pelsa.
  • iSIKHNAS merupakan sistem komprehensif yang menyediakan beragam alat bantu untuk memudahkan pelaporan dan analisis data di tingkat kabupaten/kota. Untuk memastikan agar staf tidak merasa kewalahan, sistem ini dibagi menjadi beberapa modul yang lebih kecil berdasarkan fungsi yang berbeda. Tugas anda adalah melatih staf dalam menggunakan modul-modul tersebut; memastikan mereka telah berlatih dan berhasil mengirimkan pesan SMS dengan benar; serta memberikan arahan yang jelas mengenai kapan, bagaimana, dan dalam kondisi apa pesan-pesan SMS tertentu harus digunakan. Materi dan kegiatan pelatihan yang disarankan telah dibuat untuk memudahkan peran anda dalam memberikan pelatihan.
  • Kami selalu menyarankan agar anda memulai dari modul umum pelaporan penyakit lapangan sebagai pengantar sistem bagi Pelsa dan staf Dinas. Kemudian anda dapat melanjutkannya dengan memilih modul-modul kunci lainnya sesuai dengan prioritas di kabupaten/kota di mana anda bekerja. Dengan demikian, staf dapat mulai menggunakan sistem secara perlahan-lahan dan sistematis sehingga tugas koordinasi dan pengawasan dapat menjadi lebih mudah.

Memastikan data pengguna selalu diperbarui.

  • Data pengguna dikelola oleh koordinator melalui situs web iSIKHNAS pada bagian Pengaturan : Detail Pengguna dan Pengaturan : Setting Pengguna.
  • Anda perlu melakukan perubahan terhadap data pengguna dari waktu ke waktu. Kami menyarankan pelaksanaan audit rutin untuk memastikan Jenis Pengguna (User Type), Lokasi (Location), dan Tanggung Jawab Daerah (Area of Responsibility) telah sesuai, serta semua data pengguna selalu diperbarui.
  • Kadangkala staf dapat mengalami pemindahan, rotasi atau perubahan tugas. Ingatlah untuk selalu memperbarui data pengguna ketika terjadi perubahan-perubahan seperti ini.
  • Anda mungkin ingin mengubah pengaturan ijin penggunaan sistem bagi beberapa pengguna secara individual apabila mereka telah lebih percaya diri atau setelah mengikuti pelatihan.
  • Staf perlu diingatkan bahwa mereka perlu menghubungi anda secepatnya apabila telepon genggam miliknya hilang atau nomor teleponnya berubah.

Memfasilitasi atau membantu pelatihan kelompok pengguna tertentu; misalnya rumah pemotongan hewan, bagian produksi, kepolisian atau dinas kesehatan.

  • Seiring perkembangan iSIKHNAS, akan ada lebih banyak orang dan beragam jenis pengguna yang ikut terlibat. Sebagai koordinator, anda mungkin harus berhubungan dengan pihak lain seperti pelapor dari rumah pemotongan hewan setempat, staf lapangan di bidang perbibitan dan produksi, atau bahkan aparat kepolisian maupun petugas kesehatan manusia.
  • Sebagian besar kelompok pengguna yang spesifik, seperti rumah pemotongan hewan, akan memiliki koordinatornya sendiri dan merupakan hal yang baik untuk menjalin hubungan yang erat dengan perwakilan lokal dalam rangka bertukar gagasan dan umpan balik mengenai upaya untuk memelihara sistem ini.

Mengawasi dan memantau semua pengguna terdaftar pada tanggung jawab daerah masing-masing.

  • Salah satu tugas yang penting adalah memantau tanggung jawab daerah pengguna secara terus menerus untuk memastikan agar data yang ada sudah benar, selalu diperbarui, dan dapat segera menunjukkan perubahan personil melalui iSIKHNAS.
  • Staf yang dipindahkan ke kabupaten/kota atau provinsi lain harus diasosiasikan dengan daerah terdaftar dan tanggung jawab daerah yang baru. Mereka juga mungkin perlu diasosiasikan dengan jenis pengguna yang berbeda. Ini mungkin merupakan tanggung jawab koordinator kabupaten/kota atau provinsi yang baru. Apabila ada kesulitan dalam melakukan hal ini, silakan menghubungi Champions.

Dukungan dan Pemantauan

Memantau daftar pesan (message log) dan memberikan respon yang cepat terhadap suatu permasalahan dengan cara yang mendukung.

  • Pesan kesalahan pada sistem dapat dikirimkan kepada anda setiap hari melalui surat elektronik.
  • Anda juga dapat melihat daftar kesalahan (error log) melalui situs web dengan membuka bagian Reports : Users (Laporan : Pengguna) - Listing of problem SMS messages by user (Daftar kesalahan pesan SMS berdasarkan pengguna).
  • Daftar kesalahan ini merupakan alat bantu yang sangat berguna bagi koordinator dan perlu diperiksa setiap hari. Daftar ini mengidentifikasi pengguna yang mungkin mengalami kesulitan dengan format pesan, kode atau data lainnya. Ingat: iSIKHNAS tidak akan menerima pesan SMS dalam format yang tidak tepat - ini dilakukan agar data yang masuk ke sistem bebas dari kesalahan - sehingga pengguna yang membuat kesalahan akan segera mendapatkan pesan jawaban dari sistem untuk membantu mereka mengirim pesan SMS dengan format yang benar. Doronglah staf anda untuk selalu membaca pesan jawaban tersebut karena dapat membantu menghemat waktu, tenaga, dan pulsa.
  • Koordinator dapat memperoleh banyak informasi dari kesalahan pengguna - misalnya pelatihan yang tidak memadai, lemahnya pemahaman konsep, atau kurangnya pengetahuan dalam penanganan penyakit; setelah masalahnya dapat teridentifikasi, anda dapat menghubungi pengguna yang bersangkutan untuk memberikan penjelasan yang tepat mengenai kesalahan yang dibuatnya. Respon yang cepat akan menunjukkan besarnya kepedulian anda terhadap staf, data, dan kinerja yang efisien.
  • Kesalahan merupakan alat bantu pelatihan yang sangat berguna. Anda dapat melakukan permainan bersama staf anda pada saat pelatihan dan meminta mereka untuk menemukan permasalahan atau memperbaiki kesalahan.
  • Pengguna yang sering mengalami kesulitan dalam mengirim pesan SMS mungkin membutuhkan alat bantu khusus ketika bekerja di lapangan - 'kartu pintar' atau 'lembar contekan' yang dapat disimpan di saku untuk membantu mereka.

Merespon umpan balik dan pertanyaan dari pengguna dengan cara yang mendukung dan tepat waktu.

  • Setiap pengguna dapat mengirim umpan balik atau pertanyaan berupa teks bebas dengan menggunakan format pesan Q.
  • Pesan SMS ini akan diteruskan kepada anda dan penerima lainnya secara otomatis; namun, sebagai koordinator kabupaten/kota, anda bertanggung jawab memantau dan merespon pesan-pesan SMS ini dengan cepat. Anda dapat merespon melalui pesan SMS untuk menyampaikan terima kasih atas gagasan atau umpan balik dari pengguna. Atau anda mungkin ingin menelepon pengguna yang bersangkutan untuk menjawab pertanyaannya.
  • Respon anda terhadap pesan-pesan SMS ini akan menunjukkan kepada staf anda bahwa masukan yang mereka berikan akan dihargai dan anda bersedia merespon pertanyaan maupun permasalahan yang disampaikan.

Membantu paramedik veteriner untuk menghargai dan mendukung kerja pelapor desa.

  • Pelsa memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kepercayaan masyarakat dan mendorong kerja sama dengan pelayanan veteriner. Tanpa Pelsa, sistem ini akan sepenuhnya bersifat pasif - petugas dinas harus menunggu laporan dari peternak secara individual. Sedangkan kebanyakan peternak hanya bersedia melapor jika mereka merasa ingin melakukannya dan yakin bahwa hal tersebut akan membawa dampak positif (atau setidaknya bukan hasil yang negatif!).
  • Pelaporan pasif peternak merupakan salah satu jenis surveilans yang paling murah dan ekstensif. Staf dokter hewan dan beberapa paramedik veteriner akan mempelajari hal ini pada pelatihan Epidemiologi Lapangan dan Surveilans yang dirancang untuk mendukung sistem iSIKHNAS. Hubungan masyarakat yang erat, komunikasi yang baik, dan kepercayaan adalah fondasi sistem pelaporan pasif peternak yang kuat. Pelsa berperan sebagai pihak yang menghubungkan masyarakat dan pelayanan veteriner, mempermudah komunikasi bagi peternak, serta memastikan adanya peningkatan respon dari petugas kesehatan hewan melalui penggunaan iSIKHNAS.
  • Paravet perlu didorong untuk bekerja sama dengan Pelsa di wilayah kerjanya; mereka perlu berkomunikasi dengan Pelsa atas dasar kesabaran dan rasa saling menghargai, serta mengajak Pelsa ketika melakukan kunjungan ke desa-desa kapan saja memungkinkan. Dengan demikian, rasa hormat yang ditunjukkan oleh staf anda dapat ikut menyebar di masyarakat dan Pelsa akan lebih sering dilibatkan.
  • Pelsa membutuhkan dukungan, dorongan, pelatihan penyegaran secara periodik, dan kesempatan untuk memberikan solusi kepada peternak menyangkut permasalahan sederhana yang tidak membutuhkan penanganan veteriner. Dengan demikian, Pelsa dapat meringankan beban kerja paravet menyangkut permasalahan umum yang bersifat rutin sehingga paravet dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk kasus atau masalah lain yang lebih penting.
  • Ingat: Pelsa adalah mata dan telinga di lapangan sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang besar untuk memperkuat iSIKHNAS.
  • Koordinator perlu menentukan tingkat respon yang realistis menyangkut peringatan dari Pelsa dalam rangka mengelola harapan dan memberikan kepastian bagi mereka sehingga masyarakat dapat terus memperoleh informasi.

Memantau dan mengevaluasi kinerja tim, serta menentukan sasaran dan prioritas dalam upaya peningkatan dan pengembangan.

  • Anda perlu menggunakan laporan keluaran, yang dapat dilihat pada bagian Reports : Users (Laporan : Pengguna) dan Reports : System (Laporan : Sistem), untuk memeriksa kinerja semua pelapor data yang berada di bawah pengawasan anda dalam rangka mencari cara untuk meningkatkan atau mendukung kerja mereka.
  • Bersama tim, anda dapat menentukan cara terbaik untuk menggunakan waktu dan sumber daya secara efisien serta bagaimana mendorong staf untuk meningkatkan pelayanan, efisiensi, dan kepuasan kerja secara umum.
  • Anda mungkin perlu memikirkan cara untuk memberikan kepastian dan penghargaan menyangkut peningkatan kinerja. Anda adalah orang yang lebih mengenal staf anda sendiri dan apa yang dapat memotivasi kerja mereka. Ingatlah: Kita semua ingin diakui atas peningkatan kerja, kontribusi khusus, inisiatif, atau motivasi yang kita tunjukkan. Penghargaan dan pengakuan yang sederhana akan memberikan hasil yang besar.

Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan staf berdasarkan pemantauan laporan dari lapangan.

  • Bagian Reports (Laporan) pada situs web iSIKHNAS dapat membantu anda mengidentifikasi kelemahan pada pekerjaan rutin maupun kegiatan spesifik yang dilakukan oleh staf yang berada di bawah pengawasan anda.
  • Kebutuhan pelatihan penyegaran dapat ditentukan dengan mempelajari tindakan penanganan penyakit, diagnosis pembanding yang diberikan, dan aspek lain dari pekerjaan yang dilakukan staf anda.
  • Pelatihan penyegaran tidak perlu memakan waktu lama atau direncanakan sebagai kegiatan khusus yang membutuhkan biaya tambahan. Sebagai contoh, kegiatan ini bisa saja dilakukan selama setengah jam dengan mengumpulkan beberapa paravet untuk berdiskusi mengenai suatu masalah tertentu dan berbagi gagasan menyangkut penanganan atau pengambilan sampel.
  • Penggunaan data iSIKHNAS akan sangat membantu peran anda sebagai koordinator. Seiring waktu, anda akan lebih memahami apa yang diketahui dan tidak diketahui oleh staf anda, pengetahuan atau pengalaman apa yang kurang mereka miliki, serta fokus anggaran pelatihan untuk tahun berikutnya.

Pelaporan

Segera melaporkan permasalahan teknis, kelemahan atau redundansi kepada Champions dan Koordinator Provinsi.

  • Tidak ada gunanya menyimpan gagasan yang baik, saran perbaikan atau ketidakpuasan terhadap sistem untuk diri anda sendiri. Penting sekali untuk menyampaikan hal tersebut kepada orang lain. Sistem ini dibuat untuk dapat merespon kebutuhan yang berubah-ubah, namun hal ini akan sulit dilakukan jika penggunanya tidak angkat bicara.
  • Bicarakan gagasan anda dengan staf lain, kemudian sampaikan kepada koordinator provinsi dan Champions jika gagasan anda dapat diterima dan dirasa layak untuk dipertimbangkan lebih lanjut.
  • Semua gagasan dan saran untuk perbaikan akan disambut baik.
  • Gagasan tertentu membutuhkan waktu untuk dapat diterapkan, beberapa mungkin tidak dapat dilakukan, sedangkan yang lain dapat dilakukan dengan segera - komite pengelola dan Champions akan mempertimbangkan semua gagasan perubahan.

Analisis dan Pengelolaan

Membantu analisis data dalam evaluasi kegiatan, kinerja, dan penetapan prioritas.

Membantu analisis data untuk keperluan advokasi anggaran dalam rangka mendukung kegiatan baru maupun yang tengah berjalan.

Menyusun rekomendasi dari hasil analisis data.

Mengelola kegiatan pengumpulan data surveilans, vaksinasi, dan populasi melalui iSIKHNAS.

Mendaftarkan infrastruktur setempat.

Mengelola dan memperbarui kode lokasi di daerah anda.

Penggunaan situs web iSIKHNAS untuk keperluan administrasi dan koordinasi.