District coordinators/id

This page is a translated version of the page District coordinators and the translation is 100% complete.

Other languages:
English • ‎Bahasa Indonesia

Contents

Peran Koordinator Kabupaten/Kota: Memahami Lebih Dalam

Kepemimpinan

Bertindak sebagai perwakilan, sumber informasi, dan juru bicara sistem di tingkat kabupaten/kota.

  • Anda patut merasa bangga terhadap peranan dan keterlibatan anda dalam salah satu sistem informasi kesehatan hewan terbaik di dunia. Anda adalah ahli lokal dan seseorang yang paling berkualifikasi untuk berbicara tentang bagaimana cara kerjanya, manfaat yang diciptakan dan peningkatkan pelayanan yang dimungkinkan untuk diberikan oleh staf anda kepada masyarakat sekitar.
  • Citra diri yang anda tunjukkan akan membantu staf anda pun merasa bangga menjadi pengguna aktif dari sistem ini.
  • Sistem ini adalah sebagik orang-orang yang berkontribusi di dalamnya, informasi yang diberikan dan manfaat yang diberikan kepada seluruh penggunanya.
  • Adalah penting untuk tetap mendapatkan informasi mengenai sistem ini dalam konteks masyarakat yang lebih luas juga, dan mampu untuk berbicara tentang keamanan data, kepemilikan data, kekuatan yang dimiliki sistem dan untuk meyakinkan masyarakat mengenai kerahasiaan data.
  • Dan penting pula untuk tetap mengikuti perkembangan fitur-fitur baru dan standar operasional dan dengan memberikan staf anda kabar terbaru tepat waktu, keyakinan dan bantuan saat beradaptasi dengan fitur-fitur dan operasional yang baru tersebut.

Menjunjung tinggi falsafah dan prinsip-prinsip yang mendasari iSIKHNAS

  • Anda harus mengenali Prinsip falsafah dan prinsip dasar yang menopang iSIKHNAS.
  • Ingat
    • mereka yang terlibat dalam pelaporan data patut diberikan penghargaan atas keterlibatannya dalam sistem.
    • Keterlibatan dalam iSIKHNAS seharusnya hanya memperluas, mendukung dan memudahkan tugas dari mereka yang melakukan pelaporan dan bekerja untuk sistem.
    • sistem initidak pernah membebani tugas-tugas normal para pengguna namun akan memberikan manfaat langsung dan terukur bagi pekerjaan mereka.
    • sistem inilebih banyak memberik daripada menerima dari pengguna untuk memastikan bahwa setiap pengguna mendapatkan manfaat dari sistem.
    • memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna yang berbeda-beda setiap saat dan bahwa pelayanan ini responsif terhadap perubahan kebutuhan para penggunanya.
  • Oleh karena itu, dengan didasari oleh seluruh faktor-faktor di atas
    • Pengguna sebaiknya didorong dan diberikan penghargaan, dipuji dan diberikan ucapan terima kasih, jangan pernah ditegur secara keras maupun dibuat merasa bersalah. Kesalahan dan kesalahpahaman biasanya lebih sering terjadi karena pelatihan yang buruk bukan karena mereka yang tidak kompeten.
    • Para koordinator sebaiknya berpikir hati-hati tentang bagaimana staf mereka menanggapi dan bereaksi terhadap penggunaan iSIKHNAS dan apakah mereka dapat memberikan saran tentang cara-cara meningkatkan sistem ini.

Memastikan pengguna dapat mengakses dan mengacu kepada anda dengan mudah dan bebas

  • Koordinator seharusnya membuat staf di bawahnya untuk dapat mengakses mereka dengan mudah terkait seluruh pertanyaan, saran dan permasalahan. Anda perlu untuk memastikan bahwa staf anda mengetahui nomor telepon genggam anda dan mereka didorong untuk menelepon.
  • Pastikan staf dapat meninggalkan pesan di telepon genggam anda jika mereka menelepon dan anda tidak dapat dihubungi. Hubungi kembali mereka secepatnya.
  • Jika anda sulit dihubungi atau tidak ramah atau tidak membantu, staf akan berhenti menghubungi anda dan anda akan kehilangan kepercayaan serta keyakinan mereka. Hal ini mau tidak mau akan menimbulkan dampak negatif bagi staf anda dan semangat kerja mereka, kesediaan mereka untuk bekerja sebagai satu tim dan tingkat motivasi mereka.

Berbagi peran koordinasi dengan satu orang atau lebih deputi

  • Selalu merupakan suatu rencana yang baik untuk memiliki setidaknya dua orang koordinator di tiap Kabupaten/Kota - dua orang staf senior yang mampu menjalani peran sebagai koordinator. Ini berarti tanggung jawab yang ada dapat dibagi selama periode sibuk dan memungkinkan adanya 'waktu senggang' bagi koordinator yang mungkin sedang mengambil cuti sakit, sedang berlibur, pergi untuk menghadiri pelatihan atau rapat.
  • Koordinato perlu untuk selalu mengawasi sistem ini dan merespon terhadap kesalahan yang terjadi, permasalahan dan isu-isu dalam administrasi sistem. Mereka juga perlu untuk terhubung dengan data kesehatan hewan yang diinput - untuk mengawasi laporan-laporan yang menjadi prioritas, investigasi penyakit dan potensi permasalahan. Semua ini bisa menjadi pekerjaan purna waktu sehingga adalah masuk akal untuk membaginya dengan orang lain demi memastikan layanan koordinasi yang diberikan konsisten, komprehensif dan responsif.
  • Karena tanggung jawab yang menyertai peranan yang dimiliki oleh koordinator, ada baiknya jika seorang koordinator diberikan 'off duty' setiap dua minggu sekali atau di malam hari, misalnya, saat bergantian dengan koordinator yang lain.

Menanggapi permohonan laporan data baru atau saran-saran perubahan

  • Buatlah sistem ini bekerja untuk anda dan kabupaten/kota anda. Seluruh permohonan untuk perubahan, saran-saran untuk perbaikan atau isu-isu yang muncul di lapangan hendaknya ditangani dengan segera dan dikomunikasikan kepada provinsi/wilayah dan kemudian kepada para Champions. Sistem ini fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan kabupaten/kota tapi hanya jika para Champions menyadari adanya kebutuhan akan perubahan, permohonan untuk laporan baru, suatu masalah yang perlu ditangani.
  • Peran anda sebagai koordinator adalah untuk mendengarkan staf anda, menanggapi kebutuhan mereka dan berupaya untuk memperbaiki sistem yang ada sebagai respon terhadap input mereka. Para staf akan menghargai hal ini dan anda akan mendapatkan kehormatan yang lebih besar.

Administrasi dan Pengembangan Pengguna

Daftarkan Pelsa dan pengguna Dinas baru dengan benar

  • Salah satu tanggung jawab administratif inti dari koordinator kabupaten/kota adalah untuk mendaftarkan pengguna baru ke dalam sistem. Setelah dilengkapi, rincian pengguna yang dikompilasikan saat pendaftaran akan membentuk dasar bagi sejumlah fitur-fitur khusus dari sistem iSIKHNAS. Nama pengguna akan muncul di laporan-laporan resmi penyakit, misalnya, oleh karena itu, pastikan ejaannya benar berikut penggunaan huruf besarnya. Lokasi yang terdaftar sebagai tempat pengguna biasa bekerja dan wilayah tanggung jawabnya menjadi suatu faktor penentu yang penting utnuk alur informasi dan berita. Nomor telepon selular orang tersebut tentunya merupakan sesuatu yang sangat penting - setiap pengguna diidentifikasi melalui nomor telepon mereka tersebut.

Merekrut dan melatih Pelsa baru dan pengguna Dinas di seluruh aspek sistem ini

  • Koordinator memiliki tanggung jawab utama atas pelatihan bagi staf yang sedang berlangsung dan juga atas perekrutan dan pemeliharaan jaringan pelsa yang kuat.
  • Pelsa ditawarkan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan penghargaan bersamaan dengan pelatihan pelaporan iSIKHNAS dan materi ekstensiftelah dibuat untuk membantu anda dalam menjalankan tugas ini.
  • iSIKHNAS adalah sebuah sistem komprehensif yang menawarkan sejumlah alat untuk meringankan beban pelaporan dan analis data di kabupaten/kota. Untuk memastikan agar staf tidak kewalahan, sistem ini telah dibagi ke dalam beberapa modul yang lebih pendek sesuai dengan fungsi yang berbeda-beda. Tugas anda adalah melatih staf dalam penggunaan modul-modul pendek, untuk memastikan mereka mempraktikkan dan berhasil dalam mengirimkan pesan-pesan secara akurat dan memberikan arahan yang jelas mengenai bagaimana, kapan dan pada situasi seperti apa pesan-pesan tersebut digunakan. Materi pelatihan dan usulan aktifitas latihan telah dirancang untuk menyederhanakan peran anda dalam pelatihan.
  • Kami selalu merekomendasikan untuk anda mengawali dengan modul pelaporan penyakit umum di lapangan sebagai pengenalan terhadap sistem ini bagi Pelsa dan staf Dinas. Kemudian, sesuai dengan prioritas di kabupaten/kota masing-masing anda dapat memilih modul-modul penting lainnya yang manapun. Dengan demikian, staf diperkenalkan secara perlahan dan sistematis kepada sistem ini dan tugas koordinasi dan pengawasan pun akan menjadi lebih mudah.

Pastikan rincian pengguna adalah informasi terkini

  • Rincian pengguna dikelola oleh para koordinator melalui laman iSIKHNAS Atur : Rincian pengguna dan Atur : Pengaturan Pengguna.
  • Dari waktu ke waktu anda akan perlu untuk mengganti rincian pengguna. Kami menyarankan untuk melakukan audit reguler terhadap rincian staf guna memastikan bahwa setiap individu terdaftar dengan benar sesuai dengan Jenis Pengguna, Lokasi, Area Tanggung Jawab dan bahwa rincian tentang mereka adalah informasi terkini.
  • Terkadang staf berpindah, dirotasi ataupun berganti peran. Ingat selalu untuk memperbarui rinciannya seiring dengan perubahan yang terjadi.
  • Anda mungkin ingin mengatur ulang perizinan pengguna individu untuk beberapa orang pengguna seiring dengan bertambahnya kepercayaan diri mereka atau dengan mereka menghadiri pelatihan lebih lanjut.
  • Staf hendaknya diingatkan bahwa mereka perlu segera menghubungi anda jika telepon mereka hilang atau jika nomor telepon mereka berubah.

Memfasilitasi atau membantu pelatihan untuk kelompok pengguna tertentu seperti misalnya rumah potong hewan, produksi, polisi atau departemen kesehatan

  • Seiring dengan perkembangan iSIKHNAS, lebih banyak orang dan tipe pengguna yang berbeda-beda yang akan ikut terlibat. Sebagai seorang koordinator, anda mungkin harus berhubungan dengan pelapor RPH lokal, staf lapangan yang bekerja di bidang pengembangbiakkan dan produksi dan bahkan dengan polisi dan para pekerja kesehatan manusia.
  • Hampir semua kelompok khusus ini akan memiliki koordinator masing-masing, seperti RPH, dan merupakan sesuatu yang baik untuk membina hubungan dengan perwakilan lokal untuk bertukar ide dan umpan balik agar sistem ini tetap kokoh.

Mengawasi dan memonitor seluruh pengguna terdaftar di area tanggung jawabnya masing-masing

  • Tugas yang sangat penting adalah untuk secara konsisten mengawasi area tanggung jawab pengguna untuk memastikan kebenarannya dan diperbarui setiap waktu dan bahwa setiap perubahan dalam kepegawaian akan segera terlihat dalam iSIKHNAS.
  • Staf yang pindah ke kabupaten/kota atau provinsi lain harus ditugaskan ke area tanggung jawab yang baru dan diberikan area tanggung jawab baru. Mungkin mereka perlu ditugaskan sebagai tipe pengguna yang berbeda. Koordinator kabupaten/kota atau provinsi kemungkinan akan melakukannya. Apabila ada kesulitan dalam melakukan hal ini, hubungi Champions.

Dukungan dan Pengawasan

Monitor catatan pesan dan segera merespon terhadap masalah yang muncul dengan cara yang suportif

  • Pesan catatan kesalahan dapat dikirimkan kepada anda melalui email setiap hari.
  • Catatan kesalahan juga dapat dilihat di laman dengan mengunnjungi Laporan : Pengguna bagian - Daftar pesan SMS kesalahan oleh pengguna
  • Catatan kesalahan adalah perlengkapan yang sangat berguna bagi koordinator dan hendaknya diperhatikan setiap hari. Catatan ini mengidentifikasi pengguna yang menemui masalah dengan format pesan, kode dan data lainnya yang salah. Ingat: iSIKHNAS tidak akan menerima pesan-pesan yang dikirim dengan format yang tidak sesuai- hal ini untukk memastikan data yang dimasukkan ke dalam sistem bebas eror - jadi setiap pengguna yang membuat kesalah akan langsung dikirimkan pesan dari sistem yang membantu mereka mengirimkan pesannya dalam format yang benar. Dorong staf anda untuk membaca pesan-pesan balasan ini karena hal ini akan menghemat waktu, mencegah dari keputusasaan dan menghemat pulsa mereka.
  • Koordinator dapat belajar banyak dari kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh pengguna - kelemahan dalam pelatihan; pemahaman yang lemah terhadap konsep; pengetahuan yang tidak mencukupi, dalam menangani penyakit, contohnya, dan setelah masalah yang ada dapat diidentifikasi anda dapat menghubungi orang yang bersangkutan dan menjelaskan secara baik dan tepat tentang kesalahan yang mereka lakukan. Respon yang cepat dari anda akan menunjukan betapa anda peduli pada staf anda, data yang ada dan pekerjaan yang baik dan efisien.
  • Kesalahan-kesalahan yang terjadi merupakan alat yang sangat bermanfaat dalam pelatihan. Anda dapat mengadakan permainan dengan para staf anda saat pelatihan dan meminta mereka untuk mengoreksi kesalahan ataupun menemukan apa yang menjadi masalah.
  • Para pengguna yang seringkali bermasalah dalam mengirimkan pesan mungkin memerlukan peralatan khusus untuk membantu mereka di lapangan - 'kartu pintar' or 'lembar contekan' untuk disimpan di kantong mereka jika mereka tidak merasa yakin dalam mengoperasikan telepon genggam.

Memberikan tanggapan terhadap umpan balik dan pertanyaan dari pengguna tepat waktu dan suportif

  • Pengguna dapat mengirimkan umpan balik ataupun pertanyaan freetext dengan menggunakan format pesan Q.
  • Pesan-pesan ini akan dilanjutkan ke anda dan yang lainnya secara otomatis namun adalah tanggung jawab anda sebagai koordinator kabupaten/kota untuk mengawasi dan merespon pesan-pesan ini secepatnya. Respon anda bisa melalui SMS, berterima kasih pada orang yang bersangkutan atas umpan balik dan ide yang disampaikannya. Atau anda dapat menelepon pengguna tersebut untuk menjawab pertanyaan mereka.
  • Respon anda terhadap pesan-pesan ini akan menunjukan kepada staf bahwa anda menghargai input yang mereka berikan, dan bahwa anda responsif terhadap pertanyaan atau permasalahan yang mereka sampaikan.

Membantu para-vets untuk menghormati dan merespon pada tugas-tugas pelsa

  • Pelsa memainkan peranan penting dalam membangun kepercayaan yang baik dengan komunitas masyarakat dan keterhubungan dengan layanan veteriner. Tanpa Pelsa sistem ini akan bersifat pasif sepenuhnya - staf dinas harus menunggu laporan masuk dari peternak. hampir semua peternak hanya akan melaporkan bila mereka merasa nyaman melakukannya dan percaya bahwa hal itu akan membuahkan sesuatu yang positif (atau setidaknya bukan negatif!).
  • Pelaporan peternak yang pasif adalah salah satu jenis surveilan yang paling murah dan paling ekstensif. Dokter-dokter hewan dan paravet akan mempelajari tentang hal ini pada kursus tentang Epi di Lapangan dan Surveilan yang telah didesain untuk mendukung sistem iSIKHNAS.Hubungan komunitas yang kuat, komunikasi yang baik dan rasa percaya dalah dasar landasan dari sistem pelaporan peternak yang pasif dan kuat. Pelsa bertindak sebagai jembatan atau penghubung antara komunitas dan pelayanan veteriner, memudahkan komunikasi bagi para peternak dan, sekarang dengan iSIKHNAS, memastikan respon yang lebih baik dari staf kesehatan hewan.
  • Paravet hendaknya didorong untuk mengenal Pelsa di tempat mereka, berbicara dengan mereka dengan sopan dan sabar dan melibatkan mereka, dimanapun dimungkinkan, saat melakukan kunjungan ke desa. Besar kemungkinan rasa hormat yang ditunjukkan oleh staf anda akan menyebar ke penjuru desa dan Pelsa yang bersangkutan akan lebih sering digunakan.
  • Pelsa akan memerlukan dukungan, dorongan, pelatihan penyegaran berkala dan kesempatan-kesempatan untuk menawarkan solusi-solusi pengobatan kepada peternak untuk masalah-masalah yang sederhana yang tidak memerlukan perhatian dari dokter hewan. Untuk alasan tersebut, Pelsa dapat meringankan beban kerja paravet atas hal-hal atau masalah sehari-hari, dan memberikan lebih banyak waktu bagi tugas-tugas atau kasus yang lebih penting.
  • Ingat: Pelsa merupakan mata dan telinga di lapangan dan mereka dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kekuatan iSIKHNAS.
  • Koordinator harus mengukur nilai respon realistis bagi kesiagaan Pelsa agar dapat mengatur ekspektasi dan meyakinkan Pelsa supaya mereka dapat tetap menginformasikan komunitas mereka.

Mengawasi dan mengevaluasi kinerja tim, menetapkan tujuan-tujuan dan prioritas untuk peningkatan dan pengembangan

  • Anda hendaknya menggunakan laporan keluaran dalam Laporan :Pengguna dan  :bagian-bagian Sistem untuk memeriksa pengerjaan seluruh data pelapor dibawah tanggung jawab anda guna mencari cara-cara dimana anda dapat memberikan dukungan atau meningkatkan kinerja mereka lebih baik lagi.
  • Anda dan tim anda dapat memutuskan bagaimana menggunakan waktu dan sumber daya yang dimiliki secara efisien dan apakah ada cara-cara yang dapat digunakan untuk mendorong staf untuk meningkatkan pelayanan yang mereka berikan, meningkatkan efisiensi dalam mengerjakan tugasnya dan kepuasan mereka secara menyeluruh terhadap pekerjaan yang mereka lakukan.
  • Anda mungkin ingin menemukan cara-cara untuk mengukur dan memberikan penghargaan bagi pekerjaan-pekerjaan yang memiliki peningkatkan dalam pelaksanaannya. Andalah yang paling mengenal staf anda dan hal-hal apa yang akan memotivasi mereka. Ingat: kita semua menyukai saat kita diakui dalam hal peningkatan yang kita capai dalam pekerjaan, atau atas kontribusi yang kita berikan, atau saat menunjukan inisiatif dan motivasi yang baik. Penghargaan dan pengakuan yang sederhana bisa menjadi sangat berarti.

Mengidentifikasi kebutuhan staf berdasarkan hasil pengawasan terhadap laporan di lapangan

  • Menggunakan bagian Laporan yang terdapat di laman dapat membantu anda mengidentifikasi kelemahan-kelemahan dalam pekerjaan rutin berikut kegiatan-kegiatan yang lebih khusus di antara para staf yang berada di bawah pengawasan anda.
  • Dalam hal eksaminasi pengobatan, diagnosis diferensial dan aspek-aspek lain dalam pekerjaan mereka, akan terlihat area-area mana yng memerlukan diadakannya pelatihan penyegaran.
  • Pelaksanaan pelatihan penyegaran tidak perlu memakan waktu lama atau direncanakan sebagai sebuah kegiatan khusus dengan dana tambahan. Terkadang dimungkinkan untuk menghabiskan setengah jam dengan beberapa paravet untuk mendiskusikan kasus-kasus tertentu dan berbagi opini tentang bagaimana mengobati atau sampel apa yang harus diambil.
  • Dengan menggunakan data iSIKHNAS peran anda sebagai koordinator akan sangat terbantu. Seiring dengan berjalannya waktu, anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang staf anda ketahui dan yang tidak, dimana mereka kurang pengetahuan atau pengalaman dan dimana anggaran pelatihan anda dapat dialokasikan di tahun berikutnya.

Pelaporan

Segera melaporkan masalah, ketidakmampuan dan redundansi teknis kepada Champions dan koordinator Provinsi

  • Tidak ada gunanya menyimpan sendiri ide-ide bagus anda, saran-saran perbaikan atau ketidakpuasan yang anda rasakan tentang sistem ini. Penting untuk diberitahukan ke orang lain. Sistem ini dibangun untuk merespon terhadap kebutuhan yang berubah-ubah namun peribahan tidak dapat terjadi jika pengguna tidak angkat bicara.
  • Bicarakan ide-ide yang dimiliki dengan staf lain lalu beritahukan kepada koordinator Provinsi dan Champions jika menurut anda orang lain setuju dengan anda dan saran anda tersebut benar-benar layak dipertimbangkan lebih lanjut.
  • Seluruh ide dan saran untuk perbaikan akan disambut dengan baik.
  • Mungkin ada beberapa yang perlu waktu untuk diimplementasikan, beberapa lainnya mungkin tidak mungkin sama sekali, beberapa lainnya mungkin dapat diimplementasikan segera - manajemen dan Champions akan mempertimbangkan seluruh ide-ide perubahan yang ada.

Analisis dan Pengelolaan

Membantu analisis data dalam evaluasi kegiatan, kinerja, dan penetapan prioritas.

Membantu analisis data untuk keperluan advokasi anggaran dalam rangka mendukung kegiatan baru maupun yang tengah berjalan.

Menyusun rekomendasi dari hasil analisis data.

Mengelola kegiatan pengumpulan data surveilans, vaksinasi, dan populasi melalui iSIKHNAS.

Mendaftarkan infrastruktur setempat.

Mengelola dan memperbarui kode lokasi di daerah anda.

Penggunaan situs web iSIKHNAS untuk keperluan administrasi dan koordinasi.