Manuals:SMS Reports/id

This page is a translated version of the page Manuals:SMS Reports and the translation is 100% complete.

Other languages:
English • ‎Bahasa Indonesia

Cara kerja SMS dengan iSIKHNAS

Two phones.svg

Pesan SMS adalah cara sederhana untuk ‘berbicara’ pada komputer dengan memberikan instruksi, mengirimkan informasi, dan membuat komputer melakukan sesuatu. Semua pesan SMS dalam sistem harus ditulis dalam cara yang sederhana namun seragam, agar komputer dapat memahami instruksi anda. Pesan-pesan itu adalah sebuah ‘kode’ untuk komputer, maka anda harus menggunakan kode-kode sederhana dan standar ini dalam semua pesan SMS.

Ada beberapa hal penting yang harus diingat:

1. Ada beberapa tipe pesan berbeda. Bagian pertama dari setiap pesan adalah sebuah kode pesan khusus yang memberitahu sistem mengenai tipe pesan tersebut. Setiap pesan harus dimulai dengan salah satu kode ini.

2. Beberapa pesan dimulai dengan kode satu huruf

U Laporan tanda-tanda umum
P Laporan sindrom prioritas
R Laporan respons
D Pendaftaran
N Mengubah nomor telepon anda
H Menghapus pesan terakhir

Pesan-pesan lain dimulai dengan kode banyak huruf

RP Laporan RPH
OB Laporan perawatan
SK Laporan lalu lintas
VSK Validasi lalu lintas
VAK Laporan vaksinasi
LAB Pengajuan laboratorium
LTL Laporan tindak lanjut
POP Laporan populasi
SLAB Surveilans laboratorium
Code book.png

3. Setelah kode awal, ada bagian lain dari pesan dengan bagian informasi (data) yang ingin anda kirim, seperti Spesies atau Tipe Hewan dan Lokasi. Kode-kode ini dicantumkan dalam laman iSIKHNAS, dalam Manual Pengguna iSIKHNAS dan Kartu Referensi Cepat. Cara standar untuk menulis format-format pesan ini adalah dengan menggunakan notasi berikut:

[...] kurung siku berarti data dibutuhkan

{...} kurung kurawal berarti data bersifat opsional (...) kurung lengkung berarti data dikelompokkan dalam urutan yang dapat diulang

4. Saat anda mendaftar untuk menggunakan sistem, lokasi anda juga terdaftar. Setiap laporan yang anda kirimkan akan diasumsikan bahwa anda sedang melaporkan mengenai kejadian di lokasi tersebut. Anda harus memasukkan kode lokasi yang berbeda di dalam laporan yang anda buat jika lokasinya berbeda dari lokasi normal anda (yang terdaftar).

5. Setiap jenis informasi yang berbeda harus dipisahkan dengan spasi, "kecuali" di dalam pesan yang menerima daftar, seperti laporan Tanda-tanda Umum (U) atau Prioritas (P) untuk staf dinas yang dapat menerima tanda-tanda banyak, atau diagnosis berbeda. Anda harus memisahkan setiap tanda dan diagnosis dengan tanda koma.

6. Beberapa pesan mungkin bisa sederhana, dan yang lain bisa lebih rumit dengan urutan yang dapat diulang.

Red flag.svg

Setiap kali mengirim sebuah pesan, anda akan SELALU menerima respons yang mengonfirmasi bahwa pesan tersebut telah diterima dan diterjemahkan dengan benar, atau memberi tahu anda jika ada kesalahan dalam pesan tersebut. Pastikan anda membaca respons dari iSIKHNAS untuk memeriksa data yang anda masukkan memang telah benar.

Jika anda tidak menerima respons dalam 5 menit, maka mungkin ada masalah. Jaringan selularnya mungkin tidak berfungsi, sistem iSIKHNAS mungkin rusak, atau ponsel anda tidak berfungsi. Tunggu selama 5 menit dan coba kirim kembali pesannya. Jika masalahnya terus berlanjut, hubungi koordinator iSIKHNAS lokal anda.