Manage : Manage Users/id

This page is a translated version of the page Manage : Manage Users and the translation is 100% complete.

Other languages:
English • ‎Bahasa Indonesia

Pengaturan : Pengaturan Pengguna

Coordinator manage users menu.png

Salah satu tugas utama koordinator adalah mengelola pengguna sistem. Koordinator kabupaten/kota bertanggung jawab mengelola sebagian besar pelapor data - dokter hewan, paravet, dan pihak lain yang terlibat dalam pengiriman laporan. Salah satu peran penting koordinator adalah memastikan data pengguna selalu diperbarui dan mengelola ijin penggunaan sistem untuk setiap pengguna. Koordinator dapat melakukan hal ini melalui menu Pengaturan : Pengaturan Pengguna : Detail Pengguna pada situs web iSIKHNAS.

Manage individual users.png

Ingatlah bahwa terdapat ribuan pengguna iSIKHNAS sehingga cara paling efisien untuk mencari seorang pengguna tertentu adalah dengan mengetikkan nama pengguna tersebut atau informasi lain yang berkaitan pada kolom kosong di bagian atas laman situs web. Ini akan membantu sistem memilah semua data untuk menemukan pengguna yang dicari.

ID Find individual user.png

Langkah ini akan menampilkan sebuah daftar pendek berisi sejumlah pengguna yang dapat anda pilih.

Individual user edit.png

Kemudian anda dapat mengklik ikon di bagian tengah - berbentuk pensil - untuk menyunting data pengguna. Untuk menyunting kata sandi pengguna, klik ikon di sebelah kiri - berbentuk orang dengan kunci. Ikon di sebelah kanan - tanda silang merah - menghapus (atau menyembunyikan) pengguna dari daftar.

Edit icons 2.png
Mengubah Data User

Setelah anda memilih seorang pengguna dan mengklik ikon untuk menyunting, anda akan dibawa ke laman situs web untuk memperbarui data pengguna. Ini adalah langkah-langkah yang akan anda lakukan apabila terdapat perubahan data seperti pengguna yang mengganti nomor teleponnya, pindah tempat kerja, memiliki tanggung jawab daerah baru, mulai bekerja di infrastruktur yang telah teridentifikasi, dll.

Update user.png

Jangan lupa untuk mengklik tombol Save (Simpan) di bagian bawah formulir isian setelah anda selesai menyunting.

Save button.png
Menghapus Pengguna Data

Sebetulnya tidak mustahil untuk menghapus data sepenuhnya dari pangkalan data. Data sebenarnya tersembunyi dari pengelihatan Anda ketika Anda "menghapusnya", sehingga dapat ditarik lagi di masa mendatang jika diperlukan. Jika Anda perlu "menghapus" pengguna, Anda dapat melakukannya dengan menekan ikon silang di samping nama pengguna.

Edit icons 2.png
Mengubah Kata Sandi Pengguna

Pengguna perlu menghubungi koordinator iSIKHNAS setempat apabila tidak dapat mengingat kata sandi untuk mengakses situs web. Koordinator kemudian harus mengakses data pengguna yang bersangkutan melalui menu Pengaturan : Pengaturan Pengguna : Detail Pengguna : Pengaturan Data User. Cari dan pilih pengguna yang sesuai dengan menggunakan kolom pencarian di bagian atas laman situs web dan klik ikon Change password (Ganti kata sandi). Kemudian anda perlu memberikan kata sandi baru bagi pengguna tersebut. Ini dapat dilakukan dengan membuat kata sandi baru secara otomatis atau sesuai dengan pilihan pengguna yang bersangkutan. Anda melakukan langkah ini dengan cara yang sama seperti pada saat pendaftaran pengguna.

Pastikan anda telah menyimpan kata sandi yang baru dan menyampaikannya kepada pengguna yang membutuhkan.

Change password.png
Membuat Data User : Mendaftarkan Pengguna Baru dan Memperbarui Pengguna Terdaftar

Semua pengguna harus sudah terdaftar sebelum dapat menggunakan sistem iSIKHNAS. Ini berlaku untuk pelapor maupun pengguna data.

Pengguna baru dapat didaftarkan dengan dua cara berikut ini:

  • Oleh petugas yang berwenang di lapangan dengan menggunakan telepon genggamnya, atau
  • Oleh staf yang berwenang, umumnya koordinator iSIKHNAS kabupaten/kota, melalui situs web iSIKHNAS.
Pendaftaran melalui situs web iSIKHNAS

Pada menu utama iSIKHNAS, buka bagian Pengaturan : Pengaturan Pengguna : Detail Pengguna.

Kemudian klik Create Data User (Membuat Data User).

Manage User Menu

Anda akan dibawa ke laman formulir isian Membuat Data User.

Create a new data user form

Klik kolom Nama depan. Warna garis pinggir kolom akan berubah menjadi biru untuk menunjukkan bahwa kolom tersebut aktif.

Active field
Nama Depan

Masukkan nama depan pengguna baru. Gunakanlah ejaan yang benar pada kolom nama. Ingat bahwa nama pengguna akan ditampilkan pada berbagai laporan dan bagian situs web ini. Oleh karena itu, anda perlu memastikan nama pengguna ditampilkan dengan benar dan lengkap.

Nama Belakang

Lanjutkan ke kolom Nama belakang dengan menekan tombol Tab button.jpg atau mengklik kolom kosong berikutnya dengan tetikus anda. Kolom ini hanya perlu diisi apabila pengguna memiliki nama belakang. Biarkan kolom ini kosong apabila tidak ada nama belakang.

Telepon

Berikutnya, masukkan nomor telepon genggam pengguna baru. Nomor telepon ini haruslah unik untuk setiap pengguna baru dan merupakan nomor telepon yang digunakan sehari-hari dalam bekerja. Nomor telepon ini digunakan untuk mengidentifikasi pengguna baru dalam sistem ketika mengirim atau mencari data.

Email

Masukkan alamat surat elektronik jika pengguna yang bersangkutan memilikinya. Alamat surat elektronik ini haruslah unik untuk setiap pengguna baru dan bukan merupakan alamat surat elektronik untuk grup atau yang telah digunakan oleh pengguna iSIKHNAS lain. Dengan menambahkan alamat surat elektronik, pengguna baru dapat memilih untuk menerima laporan rutin dari data iSIKHNAS melalui surat elektronik. Alamat surat elektronik dapat ditambahkan atau diubah di lain waktu.

Kata Sandi
Password.png

Kata sandi situs web dibutuhkan apabila pengguna ingin melihat situs web iSIKHNAS untuk:

  • Melihat data pada situs web.
  • Mengubah kata sandi.
  • Mengubah data pengguna tertentu.

Anda dapat mengklik kotak centang Generate Automatic Password (Buat Kata Sandi Otomatis) untuk meminta sistem membuat kata sandi unik bagi pengguna baru. Tulis kata sandi tersebut dan beritahukan kepada pengguna baru yang bersangkutan.

Auto password IND.png

Kata sandi nantinya dapat diubah oleh pengguna. Koordinator juga dapat mengubah kata sandi untuk pengguna yang lupa kata sandi mereka. Anda dapat juga menggunakan kata sandi yang dipilih oleh pengguna baru dengan menulis kata sandi di tempat yang kosong.

Pesan untuk kata sandi: Kata sandi tidak boleh berisi informasi pribadi, seluruh kata atau karakter atau nama yang diketahui secara umum. Kata sandi terbaik lebih dari 8 karakter dan dibuat dari keseluruhan frasa yang mudah diingat oleh pengguna. Gunakan huruf pertama, angka atau simbol dari setiap huruf pada frasa, tambahkan tanda baca juga.

Jadi, lihat contoh berikut ini: Hi! Saya Dhony. Saya dari Sulawesi dan saya suka nomor 3! Gunakan setiap huruf dari setiap bagian dan gunakan beberapa tanda baca, dan kata sandinya dapat menjadi: H!SDSdSul&Ssn3! Kita yang bagus, kuat, dan panjang dan sulit untuk dipecahkan dan mudah diingat.

Lokasi

Pilih lokasi tempat kerja sehari-hari pengguna baru hingga ke tingkat desa. Tentukan masing-masing tingkatan dari daftar yang tersedia.

Find location 2.png

Klik OK jika anda sudah selesai.

Location sinjai.png

Kode dan nama lokasi lengkap akan muncul pada formulir isian.

Infrastruktur

Pengguna baru dapat diasosiasikan dengan infrastruktur di mana mereka bekerja. Jenis-jenis infrastruktur utama antara lain:

  • Rumah pemotongan hewan
  • Titik agregasi
  • Laboratorium
  • Tempat pengumpulan semen ternak
  • Pasar
  • Kantor dinas kesehatan hewan
  • Pos pemeriksaan

Koordinator dapat menambahkan infrastruktur baru melalui menu Pengaturan : Infrastruktur

Tanggung jawab daerah

Selain diasosiasikan dengan lokasi kerja tertentu - di mana pengguna menghabiskan sebagian besar waktunya secara fisik - pengguna juga mendapatkan satu atau lebih tanggung jawab daerah yang mendefinisikan keseluruhan area kerja atau tanggung jawabnya. Data ini memberi tahu iSIKHNAS mengenai peringatan atau informasi apa yang perlu diterima oleh pengguna yang terkait dengan area kerja tertentu. Informasi ini membantu memilah data untuk pengguna yang bersangkutan sehingga hanya data atau peringatan relevan saja yang akan dikirimkan.

Sebagai contoh, seorang koordinator regional di Sulawesi dapat memiliki pengaturan sebagai berikut:

Region Sulawesi.png

Loc Sulawesi.png

Seorang koordinator provinsi di Sulawesi Selatan dapat memiliki pengaturan sebagai berikut:

Province SulSel.png

Loc SulSel.png

Seorang paravet dinas di Barru, Sulawesi Selatan dapat memiliki pengaturan sebagai berikut:

Kecamatan loc.png

Loc kec sul sel.png

Dan seterusnya.

Seorang Pelapor Desa (Pelsa) dapat memiliki pengaturan sebagai berikut:

Desa Tassililu.png

Loc Tassililu.png

Pelsa yang bertanggung jawab atas dua desa dapat memiliki pengaturan sebagai berikut:

Multi area of responsib.png

Kelompok

Setiap pengguna mendapatkan User Type (Jenis Pengguna) dan menjadi bagian dari Kelompok Pengguna. Pengguna tertentu dapat menjadi bagian dari beberapa kelompok. Pengaturan ini menentukan apa saja yang dapat dilakukan seorang pengguna, data apa yang dapat dikirimkan dan dilihat, serta fungsi apa saja yang tersedia pada situs web iSIKHNAS.

Assign User Type.png

Users can be assigned to several user types depending on their roles. Click here for more detailed descriptions of user types.

Assign more than one user type.png


Code User Type
1 Champion
2 Koordinator Regional
3 Koordinator Provinsi
4 Koordinator Kabupaten
5 Dinas vet
6 Dinas paravet
7 Petugas dinas lain
8 THL
9 Pelapor desa (Pelsa)
10 Peternak
11 Pelapor rumah potong
12 Keurmaster
13 Pengawas Obat
14 Petugas Check Point
15 Karantina
16 Kesehatan
17 A-Lab
18 B-Lab
19 Inseminator
20 Trainer/demonstrator
21 Dinas viewer
22 Quarantine viewer
23 Public health viewer
24 Abattoir viewer
25 Admin
26 Koordinator Kesmavet provinsi
27 Kornas Produksi
28 Koordinator Propinsi Produksi
29 Peternak Pelapor
30 Epi Viewer
31 Project Viewer
32 Petugas BIB
33 Koordinator Kabupaten Produksi
34 Vet Swasta
35 Kader Vaksinator
36 Kepala Bidang peternakan dan keswan kabupaten
37 Kepala Bidang Keswan Provinsi
38 Ketua tim vaksinasi dinas
39 Data encoder
40 Ketua tim vaksinasi lapangan
68 C-Lab
69 SMS Admin
70 Tim survei
71 Pemeriksa Kebuntingan
72 Manajer SPR
73 Tim Upsus Siwab
74 Superuser
75 Petugas Update Lokasi
76 Recorder Siwab
77 champion 1
78 champion 2
79 Asisten Teknis Reproduksi
80 Pelapor AMPM
81 Wastukan
82 Dokter Hewan Berwenang
83 Pejabat Otoritas Veteriner Provinsi
84 Pelapor Sensus
85 Admin Logistik
86 Pemeriksa Kurban
87 Pedagang Hewan
88 API user
89 Akademisi
90 Pelapor Cold Storage
91 Kepala Dinas Provinsi
92 Kepala Dinas Kabupaten/Kota
93 Kepala Seksi Keswan/Kesmavet Kabupaten
94 Dirkeswan
95 Dirkesmavet
96 Kepala Seksi Keswan/Kesmavet Provinsi
97 Pelapor Rumah Potong Swasta
98 Pejabat Otoritas Veteriner Nasional
99 Pejabat Otoritas Veteriner Kesehatan Hewan
100 Pejabat Otoritas Veteriner Kesehatan Masyarakat Veteriner
101 Pejabat Otoritas Veteriner Karantina
102 Pejabat Otoritas Veteriner Kabupaten
103 Kepala UPT
104 Babinsa & Babinkamtibmas
105 Babinsa atau Babinkamtibmas
106 Pengawas Bibit Ternak


Pengaturan : Pengaturan Pengguna : Detail Pengguna

Coordinator manage user settings menu.png
Mengubah Perijinan Pengguna

Bagian situs web ini memungkinkan koordinator untuk mengatur perijinan yang berbeda untuk setiap pengguna berdasarkan kemampuan, pelatihan atau tanggung jawabnya. Contoh berikut ini menunjukkan cara pengorganisasian laman situs web tersebut. Nama pengguna ditampilkan pada bagian atas laman. Anda dapat mulai dengan mengetikkan nama dan sebuah daftar berisi pilihan yang paling mendekati akan muncul.

Drop down list of user names.png

Daftar perijinan untuk setiap pengguna akan berbeda-beda tergantung dari User Type (Jenis Pengguna) yang dimiliki. Koordinator dan dokter hewan akan memiliki daftar panjang yang mungkin bisa berubah-ubah. Pengguna lain, misalnya Pelsa, hanya akan memiliki daftar yang pendek.

Individual update user permissions yohan.png

Perijinan untuk pengguna dapat diubah dari pengaturan standar dengan mengklik pilihan ya atau tidak pada tombol Allowed (Diijinkan) dan Denied (Tidak Diijinkan).

ID Permissions with hand cursor.png